JMP Volume 8 No 2 June 2019

JMP Editor

Abstract


Edisi kali ini diawali oleh penelitian Krisnawati, Santoso, dan Sutarmin yang mengungkap potensi kekayaan alam perdesaan untuk menciptakan kemandirian ekonomi Desa Sunyalangu Kabupaten Banyumas melalui aplikasi konsep satu desa satu produk (OVOP). Dari penelitian tersebut, Desa Sunyalangu berpotensi untuk dapat diarahkan pengembangannya menjadi desa inovatif melalui program pelatihan, penyu-luhan, pendampingan, dan alih teknologi. Selanjutnya, Setyawati memaparkan hasil penelitiannya tentang pengembangan kewirausahaan di kawasan transmigrasi Musi Rawas. Pengembangan kewirausahaan dapat meningkatkan kemampuan dan memberi-kan manfaat bagi pengembangan usaha warga sekitar. Hasil penelitian ini menyarankan upaya pengembangan kewirausahaan dilakukan melalui pendekatan kelembagaan dan fokus pada sektor usaha.

Kristiningsih dan Trimarjono mengembangkan model kualitas layanan (servqual) dalam bisnis pendidikan tinggi di salah satu perguruan tinggi di Surabaya. Teknik insiden kritis mereka gunakan untuk mengeksplorasi jawaban responden pelanggan yang dilayani, yaitu mahasiswa dan pengguna alumni untuk memeriksa lebih mendalam pengalaman mereka dalam memahami layanan institusi pendidikan tinggi. Dengan menggunakan perspektif yang berbeda, Budhiarta dan Samuthi melakukan kajian tentang layanan kesehatan di sebuah rumah sakit di Aceh yang sesuai dengan prinsip syariah. Kedua peneliti mengembangkan model HospitalQual dan menggunakan nilai HSQ-Metrix antara ekspektasi pasien dan persepsinya. Berikutnya, Sri Hermuningsih melakukan kajian terhadap hasil partial least square (PLS) untuk mengetahui pengaruh fundamental ekonomi makro terhadap kinerja keuangan dengan menempatkan deposito sebagai variabel intervening pada perbankan syariah di Indonesia.

Ekayanti, Widjajani, dan Budiyanto menguji pengaruh karakteristik personal dan karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasional perawat rumah sakit di daerah Gombong, Jawa Tengah. Hasil penelitian ini menyarankan agar rumah sakit ber-upaya membangun komitmen organisasional para perawatnya melalui variabel karak-teristik pekerjaan dan karakteristik personal yang terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan. Selanjutnya, Burhannudin, Zainul, dan Harlie menutup sajian edisi ini dengan menguji pengaruh disiplin kerja, lingkungan kerja, dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Islam di Banjarmasin. Ketiga variabel bebas tersebut terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

Keywords


JMP; jurnal maksipreneur; maksipreneur; juni; 2019

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JMP Editor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.up45.ac.id/index.php/maksipreneur.

Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship has been indexed/listed by:

Google Scholar Crossref Sinta Garuda IOS PKP Index ROAD BASE ResearchBib SIS WorldCat ASI

The Journal of Maksipreneur: Management, Cooperative, and Entrepreneurship (JMP)

Organized by Management DepartmentUniversitas Proklamasi 45 Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, Indonesia

Email: maksipreneurjurnal@gmail.com | jurnal.maksipreneur@up45.ac.id

ISSN (online): 2527-6638  ISSN (printed): 2089-550X