JMP Volume 7 No 2 June 2018
Abstract
Pada volume ketujuh nomor dua ini, kami menghadirkan tujuh artikel hasil penelitian tentang pengembangan keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia. Edisi ini diawali oleh dua hasil penelitian di bidang keuangan. Dalam penelitiannya, Mansyur mengungkap tentang bagaimana pengaruh risiko suku bunga dan risiko nilai tukar valuta asing bank terhadap profitabilitas perusahaan subsektor bank pada Bursa Efek Indonesia. Selanjutnya, Yanuariska dan Ardiati menguji kembali pengaruh kondisi keuangan, audit tenure, dan ukuran KAP terhadap opini audit going concern yang menggunakan perusahaan manufaktur dari tahun 2012-2016. Kajian berikutnya beralih ke pengembangan bidang pemasaran melalui tulisan Lestari yang melakukan kajian secara komprehensif tentang pengaruh price discount dan bonus pack terhadap nilai hedonik dan impulse buying, pengaruh nilai hedonik terhadap impulse buying, dan nilai hedonik sebagai mediasi pengaruh price discount dan bonus pack terhadap impulse buying. Sajian edisi ini dilengkapi dengan empat hasil penelitian di bidang sumber daya manusia. Pertama, Santoso mengungkapkan bahwa pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) internal dari dimensi employee support dirasakan sangat memotivasi dosen untuk meningkatkan kualitas kerja dan profesionalisme dosen, meskipun salah satu indikator employee support yakni pemberian penggajian pokok belum terlalu memuaskan bagi dosen. Kedua, Berliana dan Arsanti mengajukan tujuh hipotesis penelitian untuk dilakukan pengujian atas pengaruh self-efficacy, kapabilitas, dan perilaku kerja inovatif terhadap kinerja. Ketiga, Hidayati dan Saputra menempatkan kepuasan kerja sebagai variabel antara pada pengaruh kepemimpinan, kompensasi, komunikasi, dan motivasi kerja terhadap turnover intention pegawai. Keempat, Sularso menggunakan Generalized Structured Component Analysis (GSCA) untuk mengungkap lima dari tujuh pengaruh langsung yang terbukti signifikan terhadap kinerja dan kepuasan dokter muda di Rumah Sakit dr. Soetomo Surabaya.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Maksipreneur agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Maksipreneur right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Jurnal Maksipreneur.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Maksipreneur. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).