JMP Editorial, Volume 10 No 2, June 2021
Keywords:
JMP, Editorial, Volume 10 No 2, Jurnal MaksipreneurAbstract
Edisi Juni 2021 kali ini dibuka dengan artikel pertama dari hasil penelitian oleh Nathaza Gayatry Woen dan Singgih Santoso yang menemukan bahwa kualitas layan-an, kualitas produk, dan harga normal berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kon-sumen produk Burger King di Yogyakarta, sedangkan promosi tidak memberikan peng-aruh signifikan terhadap kepuasan mereka. Penelitian ini juga menemukan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Selain itu, gender dan tingkat pendidikan terbukti mampu memoderasi hubungan antarvariabel da-lam model penelitian ini.
Artikel kedua karya Puji Astuti, Rochmi Widayanti, dan Ratna Damayanti meru-pakan penelitian dengan pendekatan diskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini mengung-kapkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan kegiatan program dana desa oleh perangkat Desa Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah memperlihatkan pengelolaan yang akuntabel dan transparan. Dari sisi akuntabilitas, baik dari segi fisik maupun penata-laksanaan program telah menunjukkan pelaksanaan yang akuntabel dan transparan.
Artikel ketiga oleh Nur Faiza dan Anita Kristina menyajikan penelitian dengan pendekatan kualitatif fenomenologi yang dilakukan pada sentra industri kecil Bordir di daerah Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan teknologi dalam proses produksi tidak dapat dihindarkan sebagai akibat dari upaya pengusaha untuk memperbaiki daya saing produksinya. Penguasaan teknologi dinyatakan sebagai ketrampilan utama bagi pekerja, sehingga mereka berupa-ya melakukan perbaikan kualitas produk bordir dengan mesin komputer dan menyele-saikan pesanan secara tepat waktu.
Artikel keempat karya Jatmiko Wahyudi, Aeda Ernawati, dan Siti Qorrotu Aini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan disain studi kasus. Penelitian ini fokus untuk menganalisis dua KUD (Koperasi Unit Desa) yang berstatus tidak aktif di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara kelembagaan kedua KUD tersebut tidak menunjukkan eksistensi sebagai sebuah koperasi. Program revitalisasi KUD dapat dilakukan dengan pendekatan reorga-nisasi, penguatan kelembagaan, dan keanggotaan melalui pelaksanaan RAT (Rapat Anggota Tahunan).
Artikel kelima merupakan penelitian oleh Sri Hartini dan Arbhie Nugraha Hanafi merupakan penelitian kualitatif menggunakan 168 responden pengguna Instagram yang ditentukan dengan pendekatan purposive sampling. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kredibilitas dan karakteristik sumber informasi memiliki pengaruh positif terha-dap opinion leadership, sedangkan opinion leadership berpengaruh positif terhadap niat konsumen untuk berinteraksi dan mengikuti saran.
Artikel keenam karya Lestari dan Atty Erdiana meneliti perbedaan risk dan return saham syariah dan konvensional yang go public di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini fokus pada kajian data harga saham syariah dan konvensional dari tahun 2015 sampai dengan 2018. Hasilnya menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara rata-rata return pada saham syariah dan konvensional, sedangkan hasil perbandinagn risk pada kedua kelompok saham tersebut bervariasi atau heterogen (tidak sama).
Artikel ketujuh merupakan hasil penelitian oleh Asma’ul Khomsiyah dan Sanaji yang mengkaji 100 orang pendukung Persela Lamongan dan menemukan bahwa fanatisme pada klub sepak bola tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian merchandise orisinal klub. Di sisi lain, loyalitas supporter terbukti berpengaruh signifi-kan terhadap fanatisme dan keputusan pembelian merchandise, sedangkan fanatisme tidak mampu menguatkan pengaruh loyalitas supporter terhadap keputusan pembelian tersebut.
Artikel kedelapan adalah penelitian di bidang manajemen sumber daya manusia merupakan hasil karya Honorata Ratnawati Dwi Putranti, Suparmi, dan Sri Suprapti yang menganalisis karyawan generasi Y di ATC (Air Traffic Control) sejumlah bandara di Indonesia dengan menguji hubungan antarvariabel, yaitu perceived organizational support (POS), job satisfaction, quality culture, dan turnover intention. Dengan menggunakan 225 responden karyawan generasi Y, penelitian ini menemukan bahwa perceived organizational support (POS) dan quality culture berpengaruh terhadap turn-over intention yang dimoderasi oleh job satisfaction.
Artikel kesembilan adalah penelitian terhadap 37 perusahaan perbankan yang ter-daftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode tahun 2015-2019 karya Khaerunisa Harsono. Penelitian ini menemukan bahwa rasio kecukupan modal (CAR), rasio kredit macet (NPL), serta biaya operasional dan pendapatan operasional (BOPO) bank, ber-pengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas bank, sedangkan ukuran bank ternyata tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitasnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Maksipreneur agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Maksipreneur right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Jurnal Maksipreneur.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Maksipreneur. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).