JMP Volume 8 No 1 December 2018

JMP Editor

Abstract


Pada edisi ini, JMP memasuki tahun kedelapan kiprahnya turut berpartisipasi dalam mengembangkan keilmuan melalui diseminasi hasil penelitian dan pemikiran para penulis kompeten. Pada volume delapan nomor satu ini, JMP menghadirkan tujuh artikel hasil penelitian tentang pengembangan di bidang pemasaran, koperasi, sumber daya manusia, manajemen strategi, dan keuangan syariah. Edisi ini diawali dengan penelitian Hadi di bidang pemasaran melalui pengungkapan dampak ketergantungan pada smartphone terhadap intensi pembelian ulang dan technostress. Dalam penelitiannya tersebut, Hadi menemukan faktor kemudahan (convenience), kebutuhan sosial, dan pengaruh sosial memiliki dampak positif terhadap ketergantungan (dependency) pada smartphone. Sementara, ketergantungan smartphone berdampak positif pula terhadap intensi pembelian ulang dan technostress.

Dengan menggunakan analisis kualitatif berdasarkan identifikasi model SWOT (analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman), Gandhy dan Kurniawati mengungkapkan prioritas strategi yang harus dilakukan Koperasi Produksi Susu dan Usaha Peternakan (KPS) Bogor adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Pilihan strategi tersebut lebih ditajamkan dengan analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) yang menghasilkan alternatif strategi berdasarkan prioritas, yaitu pengembangan produk turunan susu, peningkatan jumlah anggota koperasi, penyediaan fasilitas kredit usaha bagi anggota, peningkatan kualitas susu, pengembangan jaringan distribusi susu, dan penguatan tujuan koperasi. Dalam penelitiannya, Nawastuti juga menggunakan model SWOT guna mengungkapkan pentingnya kearifan lokal untuk memahami teknologi hasil perikanan bagi masyarakat pesisir di Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Kearifan lokal diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Kebudayaan masyarakat pesisir dapat diartikan sebagai keseluruhan pengetahuan atau sistem kognisi yang ada dan berkembang pada masyarakat pesisir.

Dalam penelitian sumber daya manusia, Kristiyana mengungkap perbedaan gender antara pegawai pria dan pegawai wanita dalam peran konflik kerja, emosional kerja, dan kinerja mereka sebagai pegawai marketing perusahaan farmasi di Jawa Tengah. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa tidak ada perbedaan antara pegawai pria dan wanita pada konflik peran mereka di rumah dan tempat kerja. Demikian pula, perbedaan tidak ditemukan pada kinerja antara pegawai pria dan wanita berdasarkan keahlian teknial, dedikasi kerja, dan fasilitas interpersonal. Namun, Kristiyana menemukan adanya perbedaan gender pada kecerdasan emosional yang terlihat dari pengendalian dan motivasi diri. Selanjutnya, hasil penelitian Bahri mengungkap dimensi pemasaran di sebuah department store dan supermarket di Yogyakarta melalui pembuktian bahwa lokasi, pelayanan, dan kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian dan kepuasan konsumen, sedangkan nilai emosional dan disain interior tidak mempunyai pengaruh pada keduanya.

Sebagai penutup edisi ini, dua penelitian di bidang keuangan disajikan oleh Hartoyo dan Fadli dalam perspektif yang berbeda. Hartoyo mengungkap aspek keuangan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia), sedangkan Fadli menyoroti aspek bagi hasil pada Deposito Mudharabah di Bank Syariah Mandiri. Hartoyo melakukan penelitian keuangan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016 dan menemukan bahwa current ratio dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, sedangkan struktur modal menunjukkan pengaruh sebaliknya. Temuan ini penting sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi, khususnya pada perusahaan
pertambangan yang go public. Berikutnya, penelitian tentang perbankan syariah yang dilakukan oleh Fadli mencoba mengungkap pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non-Performing Financing (NPF) terhadap bagi hasil pada Deposito Mudharabah di Bank Syariah Mandiri. Berdasarkan koefisien regresi pada model penelitian yang digunakan, kedua variabel baik FDR maupun NPF memiliki pengaruh signifikan terhadap bagi hasil Deposito Mudharabah. FDR berpengaruh negatif, sedangkan NPF memberikan pengaruh positif terhadap bagi hasil Deposito Mudharabah di Bank Syariah Mandiri.

Artikel-artikel hasil penelitian tersebut dihadirkan untuk memperkaya khasanah keilmuan manajemen, koperasi, dan kewirausahaan. JMP semakin memantapkan diri sebagai salah satu jurnal ilmiah di bidang manajemen, koperasi, dan kewirausahaan dengan penggunaan DOI (Digital Object Identifier) dan fasilitas similarity check dari iThenticate. Selain itu, perbaikan tata kelola online journal system (OJS) senantiasa ditingkatkan dari waktu ke waktu untuk meraih standar publikasi ilmiah yang kredibel dan memastikan perbaikan kualitas publikasi secara berkelanjutan. Editor kembali mengundang para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berkontribusi dalam berbagi ilmu dan pengalaman bagi pengembangan keilmuan pada publikasi edisi Juni 2019 mendatang. Selanjutnya, kami juga selalu membuka diri atas saran dan kritik dari para pihak terkait untuk perbaikan dan penyempurnaan publikasi JMP di masa-masa mendatang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMP Editor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.up45.ac.id/index.php/maksipreneur.

Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship has been indexed by:

Google ScholarCrossrefSintaGarudaIOSPKP IndexROADBASEResearchBib

The Journal of Maksipreneur: Management, Cooperative, and Entrepreneurship (JMP)

Organized by Management DepartmentUniversitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Published by Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Email: jurnal.maksipreneur@up45.ac.id

ISSN (online): 2527-6638  ISSN (printed): 2089-550X