JMP Volume 9 No 2 June 2020

JMP Editor

Abstract


Edisi ini diawali dengan penelitian yang dilakukan oleh Jaluanto Sunu Punjul Tyoso dan Caecilia Sri Haryanti yang mencoba untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah) mempertahankan keunggulan kompetitifnya, sehingga mereka mampu bertahan maupun berkembang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results). Secara sederhana, pengumpulan data dilaksanakan dengan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan secara mendalam melalui teknik wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan apresiatif atau appreciative inquiry (AI), yaitu suatu pendekatan untuk mentransformasi model SWOT (Strengths, Opportunities, Weaknesses, Threats) menjadi SOAR.

Selanjutnya, hasil penelitian Rhevinalda Bima Prakarsa, Winwin Yadiati, dan Handiani Suciati mengungkapkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara Return on Asset (ROA) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap nilai perusahaan. Selain itu, pengaruh positif tetapi tidak signifikan antara GCG (Good Corporate Governance) dan risk profile terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal merupakan salah satu faktor pengembang bisnis dan earnings perusahaan akan menunjukkan prospek atau sinyal yang berkualitas. Penerapan GCG ternyata tidak begitu berpengaruh, karena hasil penilaian self-assesment tidak sesuai dengan fraud yang terjadi. Perbankan seharusnya mampu mengelola risiko agar dapat menjadi dorongan bahwa bank dapat menghasilkan nilai yang tinggi.

Implementasi Good Corporate Governance (GCG) dan strategi bisnis yang tepat diharapkan dapat meningkatkan kinerja BUMN (Badan Usaha Milik Negara), baik secara finansial maupun non-finansial. Ichwan Lazuardi Natapermana, Winwin Yadiati, dan Euis Nurhayati menggunakan regresi parsial pada data panel dalam penelitian mereka. Hasil penelitian mereka mengungkapkan adanya pengaruh signifikan implementasi GCG terhadap ROE (Return on Equity) dan CSI (Customer Satisfaction Index). Selain itu, mereka juga menemukan adanya pengaruh tidak signifikan implementasi strategi bisnis terhadap ROE, tetapi signifikan terhadap CSI.

Penelitian Yofina Mulyati dan Grace Gesitera bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review (OCR) terhadap niat beli (purchase intention) dengan ke-percayaan konsumen (consumer trust) sebagai variabel intervening pada toko online Bukalapak di Kota Padang, Sumatera Barat. Dengan menggunakan analisis partial least square (PLS), maka hasil penelitian mereka mengindikasikan bahwa OCR mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen pada toko online Bukalapak. OCR dan kepercayaan konsumen Bukalapak, masing-masing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap niat belanja online mereka. Secara keseluruhan, OCR mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap niat belanja online melalui kepercayaan konsumen pada toko online Bukalapak di Kota Padang.

Penelitian Sri Ernawati menggunakan teknik survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang pernah berkunjung pada destinasi wisata di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Data yang dikumpulkan diolah dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 20,0. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa viral marketing dan motivasi wisatawan, baik secara parsial maupun simultan berpengaruh meningkatkan minat berkunjung mereka ke destinasi wisata di Kabupaten Bima, sehingga peneliti menyarankan Pemerintah Kabupaten Bima berperan lebih aktif dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan pada obyek-obyek wisatanya.

Dalam penelitiannya, Kristiana Sri Utami menekankan keseriusan pemerintah untuk mengatasi masalah lingkungan yang diwujudkan dengan pelaksanaan program pembangunan berwawasan lingkungan. Keberhasilan program ini sangat dipengaruhi oleh perilaku masyarakat dalam memilih dan mengonsumsi produk ramah lingkungan atau perilaku konsumen hijau (green consumers behavior). Dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda, hasil penelitian di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini menunjukkan bahwa environment knowledge dan environment attitude tidak berpengaruh signifikan terhadap green consumers behavior, sedangkan recycle behavior dan political actions berpengaruh positif dan signifikan terhadap green consumers behavior.

Studi kasus yang dilaksanakan oleh Dicki Prayudi dan Resti Yulistria ini ditujukan untuk mengukur skor lingkungan perusahaan Gosimplyweding, sebuah wedding organizer di Kota Sukabumi, sebagai dasar perumusan strategi pemasarannya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemetaan matriks SWOT (Strength, Weakness, Threat, Opportunity) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan perusahaan adalah alur organisasi, sedangkan kelemahannya terletak pada karakter sumber daya manusia. Pada aspek eksternal, peluang perusahaan adalah demografi masyarakat, sedangkan ancamannya adalah jumlah perusahaan pesaing dan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) produk. Dengan demikian, integrasi aspek internal dan eksternal lingkungan perusahaan ke dalam matriks SWOT menghasilkan strategi pertumbuhan (growth) dengan konsentrasi pada integrasi horisontal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JMP Editor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.up45.ac.id/index.php/maksipreneur.

Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship has been indexed/listed by:

Google Scholar Crossref Sinta Garuda IOS PKP Index LOCKSS ROAD BASE ResearchBib SIS WorldCat ASI Scilit logo Dimensions OpenAIRE 

The Journal of Maksipreneur: Management, Cooperative, and Entrepreneurship (JMP)

Organized by Management DepartmentUniversitas Proklamasi 45 Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, Indonesia

Email: maksipreneurjurnal@gmail.com | jurnal.maksipreneur@up45.ac.id

ISSN (online): 2527-6638  ISSN (printed): 2089-550X