Viral Marketing dan Motivasi Wisatawan dalam Meningkatkan Minat Berkunjung pada Destinasi Wisata di Kabupaten Bima
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alkharabsheh, S. K., Al Sarayreh, N. M., Rumman, A. M., & Al Farajat, H. A. (2011). The Impact of Viral Marketing via Internet on Promotion of Tourism Products in Jordan. International Research Journal of Finance and Economics, 80, 139-147.
Atmaja, L. S. (2009). Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Andi Offset.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Glennardo, Y. (2016). Viral marketing sebagai media pemasaran sosial dalam mendongkrak kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dan bergabung dengan organisasi non profit/niarlaba. Competence Journal of Management Studies, 16(2), 192-208.
Gobert, D. (2006). Legality of Viral Marketing. Bruxelles, Belgium. http://mineco.fgov.be/information_society/spamming/home_en.html.
Hamdani, Y. M. & Mawardi, Y. M. (2018). Pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawiijaya Angkatan 2015/2016 yang Pernah Melakukan Pembelian Online melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis (JAP), 60(1), 163-171.
Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.
Hasan, A. & Setyaningtiyas, N. W. (2015). Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Media Sosial Facebook terhadap Keputusan Berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul. Jurnal Media Wisata, 13(1), 224-238.
Harsono, R. N. (2017). Motivasi Wisatawan Mengunjungi Obyek Wisata di Desa Pawan Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 4(1), Februari, 1-14.
Hidayati, L. N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06(03), 77-84.
Ihsan, Soegiyanto, & Hadi, P. (2015). Pengembangan Potensi Ekowisata di Kabupaten Bima. Jurnal Geoeco, 1(2), Juli, 195-206.
Jariah, I. A., Mananda, S. I. G. P. B., & Sudiarta (2018). Pengaruh Viral Marketing terhadap Jumlah Kunjungan Wisatawan Indonesia ke Korea Selatan. Jurnal IPTA, 5(1), 1-10.
Kusumaningrum, D. (2009). Persepsi Wisatawan Nusantara terhadap Daya Tarik Wisata di Kota Palembang. Tesis. Program Magister Kajian Pariwisata, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Manik, G., Suwena, I. K., & Suardana, I. W. (2016). Faktor Pendorong dan Penarik Wisatawan Backpacker Mancanegara Berwisata Ke Bali. Jurnal IPTA, 4(2), 1-20.
Muksin, M. R. D. & Sunarti (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 55(1), Februari, 196-203.
Pitana, I. G. & Gayatri, P. G. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.
Pitana, I. G. & Diarta, I. K. S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.
Porosntb.com (2018). Bupati Bima Paparkan Arah Pengembangan Pariwisata Daerah. Diakses 27 Juni 2019 dari http://www.porosntb.com/2018/04/bupati-bima-paparkan-arah-pengembangan.html.
Ristania, N. & Justianto, S. J. (2012). Analisis pengaruh harga, promosi dan viral marketing terhadap keputusan pembelian pada “Online Shop” S-Nexian melalui Facebook. Journal of Business Strategy and Execution, 6(2), 131-161.
Purba, S. R. (2016). Pengaruh viral marketing melalui aplikasi line terhadap keputusan pembelian (Studi kasus mahasiswa Telkom University pada tahun 2016). e-Proceeding of Applied Science, 2(2), Agustus, 470-474.
Sahara, R. N. A. & Sanawiri, B. (2016). Analisis motivasi berkunjung wisatawan dan tingkat pengetahuan wisatawan tentang produk industri kreatif sektor kerajinan (Studi pada wisatawan domestik di Kota Batu, Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 35(2), 146-154.
Skrob, J. R. (2005). Open Source and Viral Marketing. Vienna: http://www.fh.kufstein.ac.at
Sudiarta, I. N. (2012). Membangun Citra (Destinasi) Pariwisata Seberapa Pentingkah? Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 7(31), 60-75.
Sudiarta, I. N. & Suardana, I. W. (2016). Tourism Destination Planning Strategy: analysis and implementation of marketing city tour in Bali. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 227, 664-670.
Sudirman (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surniandari, A. (2017). Viral marketing sebagai alternatif strategi pemasaran produk Sariz. Widya Cipta, I(1), 35-44.
Syafrudin (2016). 20 Tempat wisata di Bima NTB yang Wajib dikunjungi. Diakses 25 Juni 2019 dari http://syafrudinmtop.net/2016/11/bima/20-tempat-wisata-di-bima-ntb-yang-wajib-dikunjingi.html.
Widjaja, R. Y. & Alexandra, R. (2019). The impact of viral marketing on consumer interest on indihome product. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 7(1), 103-107.
Wilson, F. R. (2000). The Six Simple Principles of Viral Marketing. Web Marketing Today, 70, 232.
Woodside, A. G. & Martin, D. (2008). Tourism Management: Analysis, Behaviour and Strategy. London: CAB International.
DOI: https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.635
Article Metrics
Abstract view : 1499 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sri Ernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.up45.ac.id/index.php/maksipreneur.
Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship has been indexed/archived by:
Journal of Maksipreneur: Management, Cooperative, and Entrepreneurship (JMP)
Organized by Management Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia
Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia
Email: maksipreneurjurnal@gmail.com | jurnal.maksipreneur@up45.ac.id