Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi
(1) Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Sukabumi
(2) Akademi Sekretari Manajemen BSI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bisnis.Tempo.co. (2017). Kinerja 2017, Pelaku ECommerce Bidik Target Fantastis. Bisnis.Tempo.Co. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/news/2017/02/0%0 A8/090844274/kinerja-2017-pelak.
BKKBN (2018). Ingin Nikah, Harus Perhatikan Usia Ideal. Ini yang Direkomendasikan BKKBN. Retrieved from https://www.bkkbn.go.id/detailpost/ingin-nikah-harus-perhatikan-usia-ideal-ini-yang-direkomendasikan-bkkbn.
David, F. R. (2009). Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Salemba Empat.
Desiana, C., Rochdiani, D., & Pardani, C. (2017). Analisis Saluran Pemasaran Biji Kopi Robusta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4(2), 162–173.
Dharmmesta, B. S. (2014). Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat. In Manajemen Pemasaran (pp. 1–38). Universitas Terbuka.
Febriyan, F. (2018). Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Brand Awareness pada Produk International (Survei pada Komunitas Xiaomi Indonesia). Jurnal Adminis-trasi Bisnis (JAB), 61(1), 74–79.
Fretes, R. A. De, Purnomo, B., Soenoko, R., & Astuti, M. (2013). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Industri Pariwisata dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon). Jurnal Rekayasa Mesin, 4(2), 109–118.
Ginting, A. (2006). Perumusan Strategi Perusahaan PT X Menggunakan Matriks Evaluasi Faktor. Jurnal Sistem Teknik Industri, 7(1), 1–5.
Hazmi, C., Yogaswara, I. B., & Wulandari, S. (2018). Perumusan Strategi dan Roadmap Strategi Hotel XYZ Menggunakan Pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). E-Proceeding of Engineering, 5(2), 2871–2880.
Hidayah, N., Hufron, M., & Slamet, A. R. (2017). Analisis Penggunaan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk Merumuskan Strategi Pemasaran pada Cafe Coklat Klasik Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 6(6), 55–69.
Karimudin, A. (2017). Indonesia’s Tech Startup Report 2016. Retrieved from https://dailysocial.id/report/post/indonesiastech-startup-report-2016
Mahfud, T., & Mulyani, Y. (2017). Aplikasi Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) (Studi Kasus: Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Studi Tata Boga). Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(1), 66–76.
Muhammad, M., & Kusnadi, Y. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Paket Pernikahan dan Preweding Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informatika & Komputer, 4(2), 68–76.
Pazouki, M., Jozi, S., & Ziari, Y. (2017). Strategic Management in Urban Environment Using SWOT and QSPM Model. Global Journal of Environmental Science Management, 3(2), 207–216. DOI: https://doi.org/10.22034/gjesm.2017.03.02.009.
Prastiyo, A., Fathoni, A., & Malik, D. (2018). Strategi Pemasaran Produk Jahe Merah melalui Analisis SWOT pada Perusahaan UD Barokah Ungaran. Journal of Management, 4(4), 1–13.
Prayudi, D. (2018). Strategi Pemasaran pada Pelatihan Public Speaking Quecard Sukabumi. Swabumi, 6(2), 174–183.
Rangkuti, F. (2013). SWOT-Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Saputro, A. S. & Yulianto, E. (2016). Perencanaan Stratregi Pemasaran Paket Data Kampus dalam Persaingan di Bidang Paket Data Internet (Studi Kasus pada PT Telkomsel Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 163–169.
Setyorini, H. & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno-Hatta Malang). Jurnal Tekhnologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.
Sitorus, B. P., Nursyamsi, I., & Sumardi, S. (2019). Competitive Advantage Strategy of PT Semen Tonasa Using SWOT and QSPM. Hasanuddin Journal of Business Strategy, 1(1), 44-56.
Sudarsono, N. & Sumandani, R. (2020). Sistem Informasi E-Marketplace “Vendorsland” bagi Penyedia Event dan Wedding Organizer (Studi Kasus Wedding Organizer Kota Tasikmalaya). Voice of Informatics, 1(9), 57–68.
Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahyuningsih, S. (2009). Peranan UKM dalam Perekonomian Indonesia. Mediagro, 5(1), 1–14.
Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Yogyakarta: CV Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.516
Article Metrics
Abstract view : 8724 timesPDF - 45 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dicki Prayudi, Resti Yulistria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.up45.ac.id/index.php/maksipreneur.
Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship has been indexed/archived by:
Journal of Maksipreneur: Management, Cooperative, and Entrepreneurship (JMP)
Organized by Management Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia
Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia
Email: maksipreneurjurnal@gmail.com | jurnal.maksipreneur@up45.ac.id