Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Interaksi Sosial pada Remaja yang Menggunakan Smartphone di SMAN X Yogyakarta
(1) Program Studi Psikologi Umum Fakultas Psikologi, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Program Studi Psikologi Umum Fakultas Psikologi, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(3) Program Studi Psikologi Umum Fakultas Psikologi, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. & Asrori, M. (2018). Psikologi remaja (Perkembangan peserta didik). Jakarta: Bumi Aksara.
Astri, A. (2016). Rata-rata orang Indonesia habiskan waktu 5,5 jam main hp dari bangun hingga beranjak tidur. Tribunnews.com. http://www.tribunnews.com/lifestyle/2016/02/26/rata-rata-orang-indonesia-habiskan-waktu-55-jam-main-hp-dari-bangun-hingga-beranjak-tidur. Diakses Pukul 07.35 WIB., pada 31 Juli 2018.
Azwar, S. (2018)a. Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2018)b. Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bohang, F.K. (2018). Berapa jumlah pengguna internet Indonesia?". Tekno.kompas.com. Retrieved from: https://tekno.kompas.com/read/2018/02/22/16453177/berapa-jumlah-pengguna-internet-indonesia. Diakses Pukul 11.53 WIB., pada 26 Juli 2018.
Dayakisni, T. & Hudaniah. (2012). Psikologi sosial. Malang: UMM Press.
Djamarah, S. B. (2014). Pola asuh orangtua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathkurozzi, U.A. (2018). Hubungan pola asuh demokratis dengan kemampuan interaksi sosial pada remaja di RW. 05 Desa Semambung Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1). 1-7.
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/25173/23063. Diakses Pukul 21.30 WIB., pada 20 Juli 2018.
Husada, A.K. (2013). Hubungan pola asuh demokratis dan kecerdasan emosi dengan perilaku prososial pada remaja. Persona Jurnal Psikologi Indonesia. 2 (3), 266-277, September.
http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/160/18. Diakses Pukul 21.30 WIB., pada 20 Juli 2018.
Lestari, S. (2018). Psikologi keluarga (Penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga). Jakarta: Kencana.
Marliani, R. (2016). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: Pusaka Setia.
Muflih, M., Hamzah, H. & Purniawan, W.A. (2017). Penggunaan smartphone dan interaksi sosial pada remaja di SMA Negeri I Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Journal. 8 (1). 12-18. www.jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/download/8698/7021
Diakses Pukul 19.30 WIB., pada 22 September 2018.
Padmomartono, S. (2014). Konseling remaja. Yogyakarta: Ombak.
Parinduri, H. W., Zubaidah, S., & Wijaya, C. (2017). Hubungan antara pola asuh orangtua dan interaksi sosial terhadap kemandirian anak muslim di Kelurahan Silalas Lingkungan VII Kecamatan Medan Barat Kota Medan. Jurnal Edu Riligis, 1 (4) , 532-547. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/1073.
Diakses Pukul 19.30 WIB., pada 20 Juli 2018.
Purwadi, D. (2014). Riset: 30 juta anak Indonesia pengguna internet. Republica.co.id. Retrieved from: https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/02/18/n174jc-riset-30-juta-anak-indonesia-pengguna-internet. Diakses Pukul 21. 15 WIB., pada 23 Juli 2018.
Santoso, S. (2014). Teori-teori psikologi sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sarwono, S. W. (2012). Psikologi remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shochib, M. (2014). Pola asuh orang tua (Dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri sebagai pribadi yang berkarakter). Jakarta: Rineka Cipta.
Soekanto, S. (2017). Sosiologi: Suatu pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soyomukti, N. (2016). Pengantar sosiologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tridhonanto. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Article Metrics
Abstract view : 394 timesPDF - 22 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.