Pengaruh Kadar Waterglass Sebagai Bahan Pengikat Cetakan Pasir Kering Dengan Metode CO_2 Terhadap Kekerasan dan Kekuatan Tarik

Sumpena Sumpena(1*), Wardoyo Wardoyo(2), Hb Sukarjo(3),

(1) Program Studi Teknik Mesin, Universitas Proklamasi 45
(2) Program Studi Teknik Mesin, Universitas Proklamasi 45
(3) Program Studi Teknik Mesin, Universitas Proklamasi 45
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu hal yang sangat mempengaruhi hasil pengecoran besi tuang adalah penggunaan pasir cetak dan bahan pengikat pasir cetak. Bahan pengikat kimia yang digunakan dalam membuat cetakan pasir salah satunya adalah waterglass yang mengandung Sodium silicate hydrate sehingga akan mengeras setelah dialiri gas CO_2. Kadar waterglass pada cetakan pasir mempengaruhi permeabilitas dan konduktivitas pasir. Sifat konduktivitas ini mempengaruhi laju pendinginan logam cair. Laju pendinginan yang terjadi pada proses pengecoran mempunyai peranan penting dalam pembentukan struktur mikro, dimana struktur mikro mempengaruhi sifat mekanik yang dimiliki oleh benda cor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi kadar waterglass sebagai bahan pengikat cetakan pasir kering dengan metode CO_2 terhadap kekerasan dan kekuatan tarik produk pulley. Pada penelitian ini, pasir yang digunakan adalah pasir silika dengan variasi kadar waterglass 8%, 13%, 18%, 23%, kemudian cetakan dialiri gas CO_2 dengan tekanan 1 kgf/〖cm〗^2 selama 5 menit. Komposisi cairan logam yang digunakan dalam pembuatan spesimen adalah 91% tatal, 2% karbon dan 0,7% sillikon. Penuangan cairan logam dilakukan menggunakan ladel pada suhu sekitar 1300°C. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kekerasan tertinggi pada cetakan dengan kadar waterglass 23% sebesar 238,7 BHN, dan kekerasan terendah pada cetakan dengan kadar waterglass 18% sebesar 200,2 BHN. Kekuatan tarik tertinggi diperoleh pada cetakan dengan kadar waterglass 23% sebesar 163,5 MPa, dan kekuatan tarik terendah pada cetakan dengan kadar waterglass 13% sebesar 128,28 MPa.

Keywords


Pengecoran logam; pasir silika; CO_2; waterglass

Full Text:

PDF

References


Amanto, H dan Daryanto. (2003). Ilmu Bahan. Cetakan kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ariawan, Dodi., Raharjo, Wahyu, Purwo., Azam, Saiful. (2005). HubunganVariasi Jenis Pasir Cetak Terhadap Sifat Mekanis Besi Cor Kelabu. Jurnal Mekanika, 4 (1). 1-7.

Desiana, Sera., Wijayanto, Danar, S & Harjanto, B. (2012). Pengaruh Variasi Waterglass Terhadap Kadar Air dan Kadar Lempung Pada Pasir Cetak. Nosel: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, 1(1), 23-29.

Hamsyah, Ferry, H. (2015). Pengaruh Bahan Pengikat Pasir Cetak Yerhadap Kekuatan Tekan Pasir Cetak. Yogyakarta: Jurusan Teknik Mesin, Universitas Gajah Mada.

Japanese Standards Association. (1993). Ferrous Materials and Metallurgy. JIS Handbook. Japan.

Morgan, K. (1996). Metals Test Methods and Analytics Procedures. Annuals Book of ASTM Standards, 03-01.

Nurhadi. (2003). Hubungan Variasi Kadar Waterglass dalam Cetakan Pasir Silika terhadapa Sifat Mekanik Pada Pengecoran Besi Cor Kelabu. Surakarta: Jurusan Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret.

Muttahar, Moch, Iqbal, Z., Notonegoro, Hamdan, A., Frista, G., Soegiono, B., Fachrudin, Hasanudin, G., Susetyo, Ferry, B., Nazarudin. (2011). Pengaruh Cetakan Pasir Daur Ulang Berkengikat Waterglass Terhadap Permukaan Hasil Pengecoran. Jurnal Teknik Mesin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 4(1), 39-44.

Setyo, Noor dan Widodo, Sri. (2013). Pengaruh Bahan Pengikat Cetakan Pasir Terhadap Sifat Fisis dan Mekanis Besi Tuang Kelabu. Jurnal Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tidar Megelang, 39(2), 17-29.

Surdia, T., & Chijiwa, K. (1982). Teknik Pengecoran Logam. Jakarta: Pradnya Paramita.

Yuwono, Akhmad Herman, (2009). Buku Panduan Praktikum Karakterisasi Material 1 Pengujian Merusak (Destructive Testing). Departemen Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30588/jeemm.v5i1.851

Article Metrics

Abstract view : 293 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sumpena, Wardoyo, Hb.Sukarjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material has been indexed by:
              
 
 
Free counters!
 
Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material  
Office: Soekarno Building, 2nd Floor, Jl. Proklamasi No. 1, Babarsari, Yogyakarta (55281)
Email: jurnal.engine@up45.ac.id; jeemm.up45@gmail.com
ISSN (online): 2579-7433