Pengaruh Kepuasan Agen, Kualitas Layanan, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Agen Penyalur Cat Mowilex di Wilayah Yogyakarta

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30588/jmt.v1i02.2104

Keywords:

Agent satisfaction, Service quality, Product quality, Agent loyalty

Abstract

Businesses with increasingly competitive competition require companies to understand the factors that influence agent loyalty. This research uses quantitative methods and random sampling to determine the sample. Respondents were selected from a list of Mowilex paint distribution agents in Yogyakarta, totaling 124 people with a sample of 95 respondents. The results of this research indicate that the independent variable accounts for 66.5% of the variation in the dependent variable. Meanwhile, agent satisfaction and product quality do not have a significant effect on agent loyalty. On the other hand, service quality has a considerable impact on agent loyalty. Overall, agent satisfaction, product quality, and service quality have a significant effect on agent loyalty simultaneously.

Author Biographies

Ahmad Rodli Setyoko, Universitas Proklamasi 45

Management Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Andriya Risdwiyanto, Universitas Proklamasi 45, Sleman, Yogyakarta Special Region

References

Alfin, M. R., & Nurdin, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere pada Kepuasan Pelanggan yang Berimplikasi pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 249-258.

Almassawa, S. F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Implikasi Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(3), 69-84.

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas pada Bank BJB. Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 2(1), 49-63.

Destiana, N. (2022). Loyalitas Pelanggan: Kenali Indikator dan Cara Membangunnya. Majoo, 27 Februari 2022. Retrieved Januari 28, 2024, from https://majoo.id/solusi/detail/indikator-loyalitas-pelanggan.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17-31.

Ferdiansyah, R., & Bachtiar, I. (2023). Pengendalian Kualitas dengan Metode Taguchi pada Produk Cat Tembok di Pt XYZ. Jurnal Riset Teknik Industri, 129-138. https://doi.org/10.29313/jrti.v3i2.2890

Firdilla, K. (2022). Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Contoh, Faktor, Manfaat, Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. DailySocial. Retrieved januari 22, 2024, from https://dailysocial.id/post/kepuasan-pelanggan-adalah.

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 4(1), 37-44.

Hafizha, S., Abdurrahman, A., & Nuryani, H. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express (Studi Kasus pada Pelanggan J&T Express Cabang Kota Sumbawa Besar). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.266

Husodho, W. R. (2015). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Obyek Wisata Dumilah Water Park Madiun. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 3(2).

Nurhadi, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas terhadap Loyalitas Pelanggan untuk Mengadakan MICE di Patra Semarang Hotel & Convention. Jurnal Visi Manajemen, 57-65.

Oktriwina, A. S. (2022). Random Sampling: Definisi, Tipe, Kelebihan, dan Kekurangannya. Retrieved Februari 10, 2024, from https://glints.com/id/lowongan/random-sampling-adalah.

Pratama, M. R. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada PT Nipsea Paint and Chemicals Jember). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 1-16.

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan terhadap Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516-524.

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, K., Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta. Parama Publishing.

Riadi, M. (2020). Kualitas Produk (Pengertian, Manfaat, Dimensi, Perspektif dan Tingkatan). Kajian Pustaka. Retrieved Januari 20, 2024, from https://www.kajianpustaka.com/2020/02/kualitas-produk-pengertian-manfaat-dimensi-perspektif-dan-tingkatan.html.

Riadi, M. (2022). Loyalitas Konsumen (Pengertian, Karakteristik, Jenis, Tingkatan dan Indikator). KajianPustaka.com, 28 Desember 2022. Retrieved Februari 15, 2024, from https://www.kajianpustaka.com/2021/01/loyalitas-konsumen.html.

Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2017). Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi & Bisnis, 12(1), 69-82.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(2), 312-318.

Rohana, T. (2020). Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 28-32.

Setiawan, M., & Ramadani, D. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Cat Tembok Propan Di Depo Bangunan Bandung. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(2), 320-330.

Sholikhah, H., Sholikhah, A. F., & Hadita, H. H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan Di Bekasi Timur. Jurnal Economina, 692-708.

Tusyaidah, A., Saryadi, S., & Ngatno, N. (2023). Pengaruh Green Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Le Minerale Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 229-235.

Widanti, K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Atas Pemasangan Mesin CCM Nippon Paint di UD Adi Jaya Denpasar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar, 57-70.

Yogi, T. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, 26-33.

Zakaria, D. G., & Suwitho, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(4), 1-18.

Zikri, A., & Harapah, I. M. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 923-926.

Downloads

Published

2024-10-31

Issue

Section

Articles