Pengaruh Promosi Media Sosial dan Word of Mouth Program Dodolan Kampung terhadap Keputusan Wisatawan Memilih Kampung Wisata Giwangan Kota Yogyakarta
(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi media sosial, word of mouth terhadap keputusan wisata Giwangan Kota Yogyakarta baik secara parsial maupun secara bersama sama dengan mengambil sampel sebanyak 150 responden dengan metode accidental sampling. Kuisioner yang digunakan terlebih dahulu di uji menggunakan uji validitas dan uji reabilitas dengan hasil valid dan reliabel. Data hasil dari kuisioner diolah dengan alat analisa atau uji t dan uji F. Uji t digunakan untuk menguji pengaruh variabel secara parsial, sedangkan uji F digunakan untuk menguji masing masing variabel secara simultan. Hasil uji t untuk masing masing variabel (parsial) adalah variabel promosi media sosial dan word of mouth secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian wisatawan di kampung Wisata Giwangan Yogyakarta. Sedangkan secara simultan (bersama-sama) promosi media sosial dan word of mouth juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian wisatawan di kampung Wisata Giwangan Yogyakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BUKU
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., dan Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context, Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5-23.
Gunelius, Susan. 2011. 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.
Henderi, Muhammad Yusup, Yuliana Isma Graha. 2007. Pengertian Media Sosial, (Online),(http://wlipurn.blogspot.co.id/2017/04/wlipurn.html, diakses pada 19 Oktober 2017
Kotler, Philip & Garry Armstrong. 2010. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi. Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi.13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson EducationInc.
Sernovitz, Andy. 2012. Word of Mouth Marketing How Smart Companies Get People Talking. Austin: Greenleaf Book Group Press
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumardy, dkk. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v5i2.955
Article Metrics
Abstract view : 179 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ade Fatma Setyawati, Jemadi .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:
Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia
Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia
ISSN 2579-924X