Manajemen Keselamatan Pariwisata di Obyek Wisata Lava Tour Merapi di Kecamatan Cangringan dan Kecamatan Pakem Kab Sleman
(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Undang - Undang Nomor 10 Tahun 2019 mengamanatkan bahwa setiap wisatawan memiliki hak salah satunya adalah pelayanan kepariwisataan sesuai dengan standar, perlindungan hukum dan keamanan, pelayanan kesehatan, perlindungan hak pribadi dan perlindungan asuransi untuk kegiatan pariwisata yang berisiko tinggi. Namun dalam pelaksanaan di lapangan masih banyak ditemukan kendala bahwa keselamatan kegiatan wisata kurang mendapatkan jaminan keselamatan. Obyek Wisata Lava Tour Merapi salah satu destinasi wisata yang memiliki potensi kerawanan terhadap kecelakaan kegiatan wisata.
Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Kecamatan Pakem dan Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data mengunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Informan penelitian ini antara lain Ketua Asosiasi, Ketua Layanan jeep dan beberapa sopir jeep dan wisatawan. Teknik analisis data melalui analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek keselamatan pariwisata di Obyek Wisata Lava Tour Merapi dikelola dengan baik. Hal tersebut ditunjukan melalui kinerja aspekperencanaan yang dilakukan sebagai tindak lanjut Program Tri Pakarti Musna. Pengelola merumuskan Program peningkatan sumber daya manusia sebagai tindak lanjut Program Tri Pakarti Musna. Program peningkatan sumber daya manusia ini menyangkut tentang tatacara mengelola obyek pariwisataKeywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung. Penerbit Angkasa.
Alsa, A. (2003). Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anggoro, T. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Universita Terbuka Perss.
Arif, F. (2005). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Jakarta: Pustaka pelajar.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibty, I. (2017). Designing the Risk Mitigation in Public Service; Lessons learned from Public
Services in the Campus Area at Umbulmartani. Proceeding of Fisipols’ Reseach Days 2017 Knowledge for Better Society. http://hibahriset.fisipol.ugm.ac.id/download/Proceeding_Final.pdf.
Ibty, I. (2018). Kapasitas Pemberdayaan Masyarakat, Kebutuhan Mitigasi Risiko Pelayanan
Publik, Kajian dari Audit Sosial Pemberdayaan.
http://ejournal.up45.ac.id/index.php/Jurnal_Enersia_Publika/article/view/344.
Ibty, I (2019) Concept of Governance of Public Service Risk Mitigation In Study on Public
Health Emergency in the Plan of Development of Aerotropolic Area. https://icaspgs.ui.ac.id/wp-content/uploads/sites/155/2018/10/ PROGRAM-BOOK-2NDICASPGS-2018-.pdf
I G.A. Anom Yudistira dan Nur Agus Susanto :2012
Jurnal Media Wisata, Volume 14, Nomor 1, Mei 2016
Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya
Muri, Y. (2007). Metodologi Penelitian. Padang: UNP press Nan Lin. (1997). Foundations of Social Research. New York: MacGraw-Hill Book Company.
DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v4i1.790
Article Metrics
Abstract view : 905 timesPDF - 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ari Reza Muhsin, Teguh Budi Prasetya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:
Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia
Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia
ISSN 2579-924X