Pengembangan Sentra Pengerajin Akar Bambu Di Desa Jambu Kulon Klaten Jawa Tengah

Oktaviani Wince Awuy(1*), Teguh Budi Prasetya(2),

(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Strategi Pengembangan Pengelolaan Sentra Pengrajin Akar Bambu Di Desa jambu Kulon Klaten Jawa Tengah. Menurut Undang-undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah adalah salah satu landasan yuridis bagi pengembangan otonomi daerah di Indonesia. Kabupaten Klaten memiliki kewenangan  dalam  mengelola potensi derahnya. Salah satunya pemberdayaan Industri Akar Bambu Di Desa Jambu Kulon Kabupaten Klaten. Penelitian ini ingin mendiskripsikan dan menganalisis bagaimana strategi pemerintah daerah dalam pengembangan sentra industri akar bambu di Desa Jambu Kulon Kec. Ceper Kab. Klaten, yang dimana masih ditemui beberapa kendala. 

Dalam penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan data yang diambil adalah dari hasil observasi di Desa Jambu Kulon Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten, interview dengan beberapa sumber , dan dokumentasi serta fotofoto, serta juga menambahkan beberapa referensi dari majalah, buku, litertur, dan juga dari sumber internet atau website.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pemerintah Kabupaten Klaten khususnya Dinas Perindustrian Kabupaten Klaten, telah melaksanakan strategistrategi dalam pemberdayaan IKM di Sentra Industri Akar Bambu di Desa Jambu Kulon Kabupaten Klaten. Strategi-strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten, antara lain 1. Dinas Perindustrian: a) Strategi Peningkatan Kemampuan Finansial, b) Pengembangan Pemasaran, c) Pengembangan Sumber Daya Manusia. 2. Dinas Perdagangan: a) Pemberdayaan UKM, b) Pembinaan dan Pengembangan Usaha, c) Fasilitasi Penjamin Modal.

 

Kata kunci: pemerintah desa, strategi, pemberdayaan, pariwisata dan partisipasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v3i1.621

Article Metrics

Abstract view : 442 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020



Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X