Pengaruh Penggunaan Koil Aftermarket terhadap Kinerja Mesin Pembakaran Internal dengan Variasi Nilai Oktan Bahan Bakar
DOI:
https://doi.org/10.30588/jeemm.v9i2.2180Keywords:
aftermarket coil; standard coil; octane rating; power; torque; specific fuel consumption (SFC)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan koil aftermarket terhadap kinerja mesin pembakaran internal dengan variasi nilai oktan bahan bakar. Pengujian dilakukan pada sepeda motor Yamaha Vixion 150 cc menggunakan koil standar dan koil aftermarket dengan tiga jenis bahan bakar, yaitu oktan 90, 92, dan 98. Parameter yang diukur meliputi daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa koil aftermarket menghasilkan daya tertinggi sebesar 16.6 HP pada putaran 9232 rpm dengan bahan bakar oktan 98, sementara koil standar mencapai daya maksimal sebesar 16.1 HP. Torsi tertinggi yang dihasilkan oleh koil aftermarket sebesar 14.47 N.m dengan bahan bakar oktan 92. Penggunaan koil aftermarket cenderung meningkatkan daya dan torsi, namun juga menyebabkan kenaikan konsumsi bahan bakar dibandingkan koil standar. Penelitian ini memberikan wawasan tentang optimalisasi performa mesin melalui modifikasi koil pengapian dan pemilihan bahan bakar yang sesuai.
References
Jalius Jama & Wagino (2008) Teknik Sepeda Motor Jilid 1, diterbitkan oleh Direktorat Pembina Sekolah Menengah Kejuruan, Direktotar Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, Tahun 2008.
Boentarto (2002) Perawatan Motor Bensin, Gama, Semarang.
Subroto (2009) Pengaruh Penggunaan Koil Racing Terhadap Unjuk Kerja Pada Motor Bensin, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Agung, J., & Oetomo, S. (2014). Analisis Penggunaan Koil Racing Terhadap Daya Pada Sepeda Motor. Jurnal Teknik Mesin, 22(1).
Daryanto. 2004. Teknik Sepeda Motor. Bandung: CV Yrama Widya.
Daryanto. 2004. Sistem Pengapian Mobil. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sabar Pasaribu (2019) Kajian Coil Standar dan Racing Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Mesin 125 cc, Vol. 3. No. 2. (2019): Volume 3, Nomor 2, Juli 2019.
Pulkrabek, Willard W. (2004). Engineering Fundamental of the Internal Combustion Engine second edition. New Jersey: Pearson Prentice-Hall.
Yesung Allo Padang. (2012). “Uji Eksperimental Konsumsi Bahan Bakar Mesin Berbahan Bakar Biodiesel Minyak Kelapa Hasil Metode Kering “. Vol. 1 No.2).
Arends, BPM dan H. Berenschot. 1980. Motor Bensin. Jakarta :Erlangga.
Wiranto, Arismunandar. Penggerak Motor Bakar Torak, Edisi 5, Penerbit ITB, Bandung, 2011.
Wardan Suyanto. (1989). Teori Motor Bensin. Jakarta: Depdikbut, Dirjen Pendidikan Tinggi PPLPTK.
Syukur, Raudi. 1999. Sistem Pengapian. Padang: FTK IKIP Padang.
Putra Nurliansyah, dkk. 2014, Pengaruh Jenis Bahan Bakar Besin Dan Variasi Rasio Kompresi Pada Sepeda Motor Suzuki Shogun FL 125 SP Tahun 2007, Jurnal FKIP UNS, Volume 2 Nomor 3 2014
Sinaga, N. dan Dewangga, A., (2012): Pengujian dan Pembuatan Buku Pentuk Operasi Chassis Dinamometer Tipe Water Brike, ROTASI Jurnal Teknik Mesin, Vol. 14, No, 3, Juli 2012: 8-12 Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yosua Heru Irawan, Kristian Hubra Kadu, Dandung Rudy Hartana, Aris Warsita (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).













