Analisis Metode Swot Terhadap Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Tiktok Affiliate (Studi Kasus Akun : fitrianahisnainy)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran menggunakan metode SWOT pada akun TikTok Affiliate fitrianahisnainy. Data menunjukkan bahwa penjualan terus menurun setiap bulannya, pada bulan Agustus hingga September mengalami penurunan komisi penjualan sebesar 11,03% sedangkan bulan September hingga Oktober mengalami penurunan sebesar 49,61%. Penurunan ini menimbulkan kebutuhan mendesak untuk mengevaluasi strategi pemasaran agar meningkatkan daya saing dan penjualan produk. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari suatu program, serta peluang dan ancaman yang dapat mempengaruhi keberhasilan program tersebut. Jenis penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Sampel terdiri dari 30 pelanggan dengan kriteria wanita, usia 12-35 tahun dan sudah melakukan pembelian minimal satu kali. Analisis SWOT dilakukan dengan matriks IFAS yang mengidentifikasi faktor kekuatan dan kelemahan dan matriks EFAS yang mengidentifikasi faktor peluang dan ancaman. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman memiliki skor total masing-masing 1,96 ; 1,25 ; 2,12 ; dan 1,25. Maka dapat disimpulkan bahwa kekuatan lebih besar dari kelemahan dan peluang lebih besar dari ancaman. Dengan demikian, hasil tersebut menempatkan akun fitrianahisnainy berada pada kuadran I yaitu Strengths-Opportunity (SO). Setelah menerapkan strategi yang tepat, komisi penjualan pun meningkat pada bulan November ke Desember mengalami kenaikan komisi penjualan sebesar 3,08% sedangkan bulan Desember ke Januari sebesar 20,51%. Hal ini mengidentifikasi bahwa strategi pemasaran yang diterapkan berhasil meningkatkan penjualan secara bertahap.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Afiliasi TikTok
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitriana Hisnainy Latifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Teknik Industri Manajemen dan Manufaktur agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Teknik Industri Manajemen dan Manufaktur right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Jurnal Teknik Industri Manajemen dan Manufaktur
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Teknik Industri Manajemen dan Manufaktur. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).










