Analisis Metode Swot Terhadap Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Tiktok Affiliate (Studi Kasus Akun : fitrianahisnainy)

Authors

  • Fitriana Hisnainy Latifah Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin
  • Rahman Soesilo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran menggunakan metode SWOT pada akun TikTok Affiliate fitrianahisnainy. Data menunjukkan bahwa penjualan terus menurun setiap bulannya, pada bulan Agustus hingga September mengalami penurunan komisi penjualan sebesar 11,03% sedangkan bulan September hingga Oktober mengalami penurunan sebesar 49,61%. Penurunan ini menimbulkan kebutuhan mendesak untuk mengevaluasi strategi pemasaran agar meningkatkan daya saing dan penjualan produk. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari suatu program, serta peluang dan ancaman yang dapat mempengaruhi keberhasilan program tersebut. Jenis penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Sampel terdiri dari 30 pelanggan dengan kriteria wanita, usia 12-35 tahun dan sudah melakukan pembelian minimal satu kali. Analisis SWOT dilakukan dengan matriks IFAS yang mengidentifikasi faktor kekuatan dan kelemahan dan matriks EFAS yang mengidentifikasi faktor peluang dan ancaman. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman memiliki skor total masing-masing 1,96 ; 1,25 ; 2,12 ; dan 1,25. Maka dapat disimpulkan bahwa kekuatan lebih besar dari kelemahan dan peluang lebih besar dari ancaman. Dengan demikian, hasil tersebut menempatkan akun fitrianahisnainy berada pada kuadran I yaitu Strengths-Opportunity (SO). Setelah menerapkan strategi yang tepat, komisi penjualan pun meningkat pada bulan November ke Desember mengalami kenaikan komisi penjualan sebesar 3,08% sedangkan bulan Desember ke Januari sebesar 20,51%. Hal ini mengidentifikasi bahwa strategi pemasaran yang diterapkan berhasil meningkatkan penjualan secara bertahap.

Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Afiliasi TikTok

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Hisnainy Latifah, F., & Soesilo, R. (2025). Analisis Metode Swot Terhadap Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Tiktok Affiliate (Studi Kasus Akun : fitrianahisnainy). Jurnal Teknik Industri Manajemen Dan Manufaktur, 2(1), 144–156. Retrieved from https://ejournal.up45.ac.id/index.php/jtim/article/view/2266

Issue

Section

Tim Redaksi Jurnal JTIM