Pemanfaatan Energi Angin akibat Laju Kendaraan Berbasis Pengembangan Inovasi Teknologi Hybrid Vertical Axis Wind Turbine sebagai Penghasil Listrik untuk Mewujudkan Ketahanan Energi Nasional

Marcellinus Gonzaga(1*), Argamanda Manda(2), Listriyanto Pawirodiharjo(3), Sukarjo Hb(4),

(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(3) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(4) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian awal berjudul “Pemanfaatan Energi Angin dari Laju Kendaraan Berbasis Kincir Vertikal sebagai Penghasil Listrik untuk Penerangan Lampu Jalan”. Pada penelitian ini telah dilakukan serangkaian pengembangan dan pembaharuan baik dari segi penentuan daerah potensial maupun segi desain konstruksi hybrid va (vertical axis) wind turbine. Pembaharuan dan pengembangan dilakukan guna meningkatkan kesiapan implementasi hybrid va wind turbine di seluruh daerah efektif di Indonesia. Pada penelitian sebelumnya kelengkungan atau radius kincir belum dapat diketahui. Untuk mencari tahu kelengkungan kincir dengan efektivitas rotasi tertinggi maka dilakukan perancangan miniatur kincir vertikal dengan rasio 1:5 terhadap ukuran kincir sumbu vertikal reguler sesungguhnya. Peningkatan desain dengan memperhatikan aspek keselamatan pengguna jalan yang melintas sangat perlu dilakukan. Penggunaan material atau bahan yang dapat merefleksikan cahaya dari lampu kendaraan pada malam hari yang dilekatkan di konstruksi hybrid va wind turbine merupakan salah satu metode untuk meningkatkan aspek keselamatan. Pengukuran terhadap lebar bagian tengah kedua jalur jalan yang berlawan arah sebagai lokasi pemasangan hybrid va wind turbine juga dilakukan dengan mempertimbangkan aspek keselamatan pengendara. Pemberian toleransi jarak antara bagian sisi terluar kincir dan bagian terluar lajur jalan sangat perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada konstruksi hybrid va wind turbine serta demi keselamatan pengendara yang melintas.  Pada jalan-jalan dengan lebar bagian tengah antara kedua jalur jalan yang berukuran di bawah 2meter (<2m) tidak dapat diterapkan hybrid va wind turbine reguler, sehingga penerapan hybrid va wind turbine minimalis merupakan solusi untuk daerah tersebut. Penentuan daerah efektif untuk implementasi pada penelitian ini dilakukan dengan pengukuran terhadap aspek-aspek potensi yang dimiliki oleh jalan di antaranya; rata-rata intensitas kendaraan yang melintas, kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas, kecepatan angin rata-rata yang tersedia akibat laju kendaraan yang melintas, lebar bagian tengah antara kedua jalur jalan yang berlawanan arah, kondisi geografis jalan, serta potensi timbulnya kepadatan. Jalan tol Semarang-Solo memiliki total panjang jalan 75,7km dan dalam penelitian ini telah dipilih 3 titik awal yang diprediksi dan diukur aspek-aspek kelayakannya untuk dilakukan implementasi hybrid va wind turbine pada daerah tersebut.

Kata kunci: Hybrid va wind turbine, Peningkatan desain, Aspek keselamatan, Aspek-aspek potensi jalan.

 


Keywords


Hybrid va wind turbine, Peningkatan desain, Aspek keselamatan, Aspek-aspek potensi jalan.

Full Text:

PDF

References


Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), 2019. Laporan Harian Gerbang Tol Colomadu Volume Lalu Lintas Tol, Solo.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), 2019. Laporan Harian Gerbang Tol Boyolali Volume Lalu Lintas Tol.

Chamdani Irwan Saputra dkk, “Pengembangan Turbin Angin Sumbu Vertikal Tipe Triple-Stage Savonius Dengan Poros Ganda”. Prosiding Seminar Nasional Fisika / VOLUME IV, OKTOBER 2015, SSN: 2339-0654 e-ISSN: 2476-9398.

Hau, Erich. 2005. Wind Turbine Fundametals, Technologies, Application, Economics Third Translated Edition. New York: Springer. Halaman: 82.

Luthfi, Fachrudin Suhardiman, dkk. (2013). Rancang Bangun Turbin Angin Vertikal Jenis Savonius Dengan Variasi Jumlah Stage Dan Phase Shift Angle Untuk Memperoleh Daya Maksimum. Jurnal Teknik Pomits.Vol. 1: Halaman 1-7.

Mahmoud. N. H, El-Haroun. A.A. (2012). An Experimental Study on Improvement of Savonius Rotor Performance. Egypt: Alexandria Engineering Journal. Halaman 2.

Rifadli, M.M., Purwanto, E., Jaya, A., Prabow, G.,2013. Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Angin Menggunakan Kincir Angin Sumbu Vertikal untuk Beban Rumah Tinggal. Seminar on Intellegent Technology and It’s Applications.

Sri Jumini, Lufti Holifah. 2014.Menentukan Kondisi Lingkungan Berdasarkan Pengukuran Kecepatan Angin Dengan Anemometer Sederhana. Jurnal PPKM II.




DOI: https://doi.org/10.30588/jo.v4i1.721

Article Metrics

Abstract view : 358 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Marcellinus Gonzaga, Argamanda Manda, Listriyanto Pawirodiharjo, Sukarjo Hb

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Offshore: Oil, Production Facilities and Renewable Energy is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://ejournal.up45.ac.id/index.php/Jurnal_OFFSHORE/ 

Jurnal Offshore: Oil, Production Facilities and Renewable Energy has been indexed by:
      
 
 
Flag Counter

Jurnal Offshore: Oil, Production Facilities and Renewable Energy  
Published by Petroleum Engineering Department, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Office: Soekarno Building, 2nd Floor, Jl. Proklamasi No. 1, Babarsari, Yogyakarta (55281)
Email: jurnal.offshore@up45.ac.id; joffshore.up45@gmail.com
ISSN (online): 2549-8681
Free counters!