OPTIMALISASI DEKARBONISASI DENGAN INTEGRASI SOLID OXIDE FUEL CELL (SOFC) GAS TURBINE COMBINED CYCLE DAN OXY-ITM DENGAN ANALISIS SEKUESTRASI KARBON: STUDI KASUS LAPANGAN “ZT”

Arya Abraham Alik Sangga(1*), Aisah Nur Baiti(2),

(1) UPN "Veteran" Yogyakarta
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Permintaan energi dunia yang bersumber dari energi fosil meningkat seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk dan GDP, khususnya di sektor industri dan transportasi. Karbon dioksida (CO2) hasil pembakaran gas alam pada pembangkit listrik adalah salah satu kontributor utama pemanasan global. Menurut Paris Agreement 2015, pengurangan emisi karbon merupakan bagian dari kebijakan beberapa perusahaan energi. Di era sekarang sekuestrasi karbon tengah gencar dilakukan, dimana 2200 gigaton CO2 global telah berhasil diinjeksikan kembali kedalam formasi geologi. Oxy-fuel adalah salah satu teknologi pembakaran gas alam yang bersih untuk penangkapan CO2. Namun, kerugian dari air separation unit (ASU) adalah konsumsi daya yang besar untuk memisahkan oksigen. Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan solid oxide fuel cell (SOFC)/GTCC dengan oxy ion transport membrane (Oxy-ITM) untuk mengurangi pinalti energi, mentranspor CO2 dalam keadaan supercritical dan menganalisis sekuestrasi karbon pada formasi Arang Atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif berdasarkan studi literatur penelitian sebelumnya dan analisis kuantitatif. Sistem ini memiliki net efficiency 7,8% lebih tinggi daripada sistem Oxy-ASU, memiliki kemurnian karbon dioksida yang ditangkap 97,5%, dan capture rate CO2 sebesar 99,9%. Berdasarkan hasil perhitungan indikator ekonomi berupa NCF yang didapatkan 3.546,11, dan NPV didapatkan 1.338,91, POR didapatkan 26,03 %, PIR 2,1, DPIR 1,8 dan POT yang 3,3 tahun. Analisis dari indikator ekonomi didapatkan nilai POR yang lebih dari 12%, dan pay out timr (POT) yang cepat yaitu pada 3,3 tahun, serta nilai POR, PIR, DPIR yang menunjukan nilai yang lebih positif. Efeknya, penelitian ini akan bermanfaat bagi industri sebagai solusi untuk menentukan pendekatan teknologi yang sesuai untuk menangani karbon.


Keywords


SOFC/GTCC, oxy fuel, EOR

Full Text:

PDF

References


Jeong, J. H., Ahn, J. H., & Kim, T. S. (2019). Application of ITM to improve the efficiency of SOFC/GTCC triple combined cycle with carbon capture. Energy, 182, 1141-1153.

Eveloy, V., Karunkeyoon, W., Rodgers, P., & Al Alili, A. (2016). Energy, exergy and economic analysis of an integrated solid oxide fuel cell–gas turbine–organic Rankine power generation system. International journal of hydrogen energy, 41(31), 13843-13858.

Zaemi, F. F., & Rohmana, R. C. (2021). Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS) untuk Pembangunan Berkelanjutan: Potensi dan Tantangan di Industri Migas Indonesia. Prosiding SATU BUMI, 3(1).

da Silveira Cachola, C., Ciotta, M., dos Santos, A. A., & Peyerl, D. (2023). DEPLOYNG OF THE CARBON CAPTURE TECHNOLOGIES FOR CO2 EMISSION MITIGATION IN THE INDUSTRIAL SECTORS. Carbon Capture Science & Technology, 100102.

Gulzar, A., Gulzar, A., Ansari, M. B., He, F., Gai, S., & Yang, P. (2020). Carbon dioxide utilization: A paradigm shift with CO2 economy. Chemical Engineering Journal Advances, 3, 100013.

Hosseini, S. M., Aslani, A., & Kasaeian, A. (2023). Life cycle cost and environmental assessment of CO2 utilization in the beverage industry: A natural gas-fired power plant equipped with post-combustion CO2 capture. Energy Reports, 9, 414-436.

Adisaputro, D., & Saputra, B. (2017). Carbon capture and storage and carbon capture and utilization: what do they offer to Indonesia?. Frontiers in Energy Research, 5, 6.

Cherdasa, J. R., Prabowo, K., Ariadji, T., Sapiie, B., & Syihab, Z. (2018). Formation Evaluation and Contingent Storage Capacity Estimation for Cabrbon Capture Storage and Utilization: A Case Study from East Natuna. Modern Applied Science, 12(4), 151-170.




DOI: https://doi.org/10.30588/jo.v7i1.1567

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arya Abraham Alik Sangga, Aisah Nur Baiti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Offshore: Oil, Production Facilities and Renewable Energy is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://ejournal.up45.ac.id/index.php/Jurnal_OFFSHORE/ 

Jurnal Offshore: Oil, Production Facilities and Renewable Energy has been indexed by:
      
 
 
Flag Counter

Jurnal Offshore: Oil, Production Facilities and Renewable Energy  
Published by Petroleum Engineering Department, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Office: Soekarno Building, 2nd Floor, Jl. Proklamasi No. 1, Babarsari, Yogyakarta (55281)
Email: jurnal.offshore@up45.ac.id; joffshore.up45@gmail.com
ISSN (online): 2549-8681
Free counters!