Analisa Pekerjaan Squeeze Cementing dengan Metode Balance Plug Berdasarkan Data CBL & VDL pada Sumur “GZ” Lapangan “BHARA”

Rizky Abdullah(1*), Eko Prastio(2), Chandra .(3),

(1) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu tujuan yang sangat penting dalam penyelesaian sumur adalah mendapatkan hasil penyemenan yang baik, akan tetapi pekerjaan penyemenan (primary cementing) yang dilakukan tidak selalu berjalan dengan lancar seperti yang direncanakan. Penyemenan merupakan pekerjaan yang membutuhkan biaya yang cukup besar dan resiko yang tinggi dalam mengerjakannya, dan masalah – masalah pada pekerjaan penyemenan diantaranya yaitu : channeling, microannulus, dan freepipe. Sebagai solusi menangani masalah tersebut yaitu dengan dilakukannya pekerjaan squeeze cementing. Squeeze cementing ialah penyemenan kembali yang dikerjakan untuk salah satu cara perbaikan sumur dengan menginjeksikan bubur semen dengan volume yang kecil pada zona atau area yang terdapat masalah, dalam tugas akhir ini metode yang dipilih adalah metode balance plug. Pemboran sumur X bertujuan sebagai tempat penambahan area resap hidrokarbon dilapisan reservoir Batupasir TAF. Dari hasil Pemboran sumur – sumur lapangan Z yang ada telah dinyatakan dapat memperoleh hidrokarbon dari lapisan batupasir pada lapisan TAF-2, TAF3.1, TAF-3.2, TAF-3.3 dan TAF-4. Sumur usulan diperkirakan menembus bagian puncak reservoir tersebut, dan dibor directional dari cluster JAS-C sampai total kedalaman 3250 mTVDSS/3400.93 mD (Total Depth). Pada proses logging pertama setelah dilakukannya primary cementing didapatkan hasil data log dari logging Cement Bond Log (CBL) dan Variable Density Log (VDL) yang menunjukan bahwa adanya kejanggalan, masalah, atau sesuatu yang tidak baik pada data log. Terlihat adanya kenaikan nilai amplitudo sebesar 70 – 80 mV dan grafik yang tinggi pada kedalaman 2460.63 ft – 2624.67 ft yang menunjukan adanya freepipe pada area tersebut, maka dari itu perlu dilakukannya secondary cementing yaitu squeeze cementing dengan tujuan untuk memperbaiki primary cementing yang bermasalah supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.                 


Keywords


Squeeze Cementing, Balance Plug, Cement Bond Log, Freepipe

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30588/jo.v6i1.1076

Article Metrics

Abstract view : 439 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eko Prastio

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Offshore: Oil, Production Facilities and Renewable Energy is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://ejournal.up45.ac.id/index.php/Jurnal_OFFSHORE/ 

Jurnal Offshore: Oil, Production Facilities and Renewable Energy has been indexed by:
      
 
 
Flag Counter

Jurnal Offshore: Oil, Production Facilities and Renewable Energy  
Published by Petroleum Engineering Department, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Office: Soekarno Building, 2nd Floor, Jl. Proklamasi No. 1, Babarsari, Yogyakarta (55281)
Email: jurnal.offshore@up45.ac.id; joffshore.up45@gmail.com
ISSN (online): 2549-8681
Free counters!