Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Satlantas Polres Sleman
DOI:
https://doi.org/10.30588/jep.v5i2.953Keywords:
Kualitas, Pelayanan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan di Satlantas Polres Sleman. Dalam suatu kenyataan di lapangan tentang pengurusan SIM, STNK dan BPKB di Satlantas Polres Sleman banyak masyarakat dalam mengurus pembuatan SIM cenderung menggunakan jasa "perantara", karena mereka merasa lebih cepat dan mudah untuk mendapatkan SIM tanpa harus menjalani berbagai prosedur. Tetapi tidak sedikit pula yang mengeluhkan keberadaan perantara pada Kantor Urusan SIM Satlantas Polres Sleman. Citra Polisi akan lebih baik lagi bila aparat Polri tidak mau menerima pemberian yang bersifat informal (pungli) sehingga masyarakat akan menghormati Polri sebagai aparat yang melayani dan mengayomi masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsitif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Pengambilan informan dengan cara purposive.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kualitas pelayanan di Satlantas Polres Sleman sudah baik serta pengurusan pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemdui Bermotor SIM dilihat dari dimensi: a) bukti fisik (tangible), b) kehandalan (reliability), c) daya tanggap (responsiveness), d) jaminan (assurance), dan e) empati (emphaty) masing-masing menunjukan hasil sangat baik.References
BUKU
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty
Denhardt, V Janet dan Robert B. Denhardt. (2003). The New Public Service: Serving, not Steering. New York, M.E Sharpe, Armonk.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.
Gujarati, Damodar. (2003). Ekonometrika Dasar. Terjemah Sumarno. Zein. Jakarta: Erlangga.
Keban, Yeremias T. (2004) Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep Teori dan Isu. Jakarta: Gava Media.
Kotler dan Keller (2009). Manajemen Pemasaran 1Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks.
Nasution (2005). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia
Pasolong, Harbani. (2008) Penerapan The New Public Service (NPS) dan New Public Management (NPM), Makassar.
Payne, Adrian (2000), Pemasaran Jasa, The Essence of Service Maerketing, Andi Yogyakarta
Putra, Dhion Gama, Ratih Nur Pratiwi dan Trisnawati (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 12, pp. 2118-2122
Rangkuti, Freddy. ((2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama
Sianipar. (2012). Manajemen Pelayanan Masyarakat, (Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia). Diperoleh tanggal 1 Juni 2020 dari http://elfriza.blogspot.com/2014/09/pengertian-pelayananpublik-menurut.html
Sugiyono (2009) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy (2009). Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh. Yogyakarta: Andi Offset
Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra (2011) Service Quality & Satisfaction Edisi Ke 3. Yogyakarta: Andi.
PERATURAN DAN UNDANG-UNDANG
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Undang-Undang tentang pelayanan publik Nomor 25 Tahun 2009 dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003
Undang-Undang nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, dan Administrasi Publik. Jurnal ini terbuka untuk umum dan siap saja boleh mengakses jurnal tersebut.
Authors retain copyright and grant the Jurnal Enersia Publika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Jurnal Enersia Publika.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Enersia Publika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).