Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Satlantas Polres Sleman

Authors

  • Ani Mandacan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
  • Bresca Merina Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30588/jep.v5i2.953

Keywords:

Kualitas, Pelayanan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan di Satlantas Polres Sleman. Dalam suatu kenyataan di lapangan tentang pengurusan SIM, STNK dan BPKB di Satlantas Polres Sleman banyak masyarakat dalam mengurus pembuatan SIM cenderung menggunakan jasa "perantara", karena mereka merasa lebih cepat dan mudah untuk mendapatkan SIM tanpa harus menjalani berbagai prosedur. Tetapi tidak sedikit pula yang mengeluhkan keberadaan perantara pada Kantor Urusan SIM Satlantas Polres Sleman. Citra Polisi akan lebih baik lagi bila aparat Polri tidak mau menerima pemberian yang bersifat informal (pungli) sehingga masyarakat akan menghormati Polri sebagai aparat yang melayani dan mengayomi masyarakat.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsitif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Pengambilan informan dengan cara purposive.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kualitas pelayanan di Satlantas Polres Sleman sudah baik serta pengurusan pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemdui Bermotor SIM dilihat dari dimensi: a) bukti fisik (tangible), b) kehandalan (reliability), c) daya tanggap (responsiveness), d) jaminan (assurance), dan e) empati (emphaty) masing-masing menunjukan hasil sangat baik.

References

BUKU

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty

Denhardt, V Janet dan Robert B. Denhardt. (2003). The New Public Service: Serving, not Steering. New York, M.E Sharpe, Armonk.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.

Gujarati, Damodar. (2003). Ekonometrika Dasar. Terjemah Sumarno. Zein. Jakarta: Erlangga.

Keban, Yeremias T. (2004) Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep Teori dan Isu. Jakarta: Gava Media.

Kotler dan Keller (2009). Manajemen Pemasaran 1Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks.

Nasution (2005). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia

Pasolong, Harbani. (2008) Penerapan The New Public Service (NPS) dan New Public Management (NPM), Makassar.

Payne, Adrian (2000), Pemasaran Jasa, The Essence of Service Maerketing, Andi Yogyakarta

Putra, Dhion Gama, Ratih Nur Pratiwi dan Trisnawati (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 12, pp. 2118-2122

Rangkuti, Freddy. ((2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama

Sianipar. (2012). Manajemen Pelayanan Masyarakat, (Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia). Diperoleh tanggal 1 Juni 2020 dari http://elfriza.blogspot.com/2014/09/pengertian-pelayananpublik-menurut.html

Sugiyono (2009) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy (2009). Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra (2011) Service Quality & Satisfaction Edisi Ke 3. Yogyakarta: Andi.

PERATURAN DAN UNDANG-UNDANG

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Undang-Undang tentang pelayanan publik Nomor 25 Tahun 2009 dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003

Undang-Undang nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Downloads

Published

2021-12-16