Pengaruh Ketanggapan Dan Kehandalan Terhadap Kepuasan Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Kelurahan Sendangsari

Dwi Utami(1*), Nining Sofiati Lestari(2),

(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelayanan publik oleh birokrasi publik merupakan salah satu perwujudan dari fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat di samping sebagai abdi negara.Pemerintah kelurahan sebagai salah satu unsur pemerintahan tidak luput dengan konsep dasar pelayanan yang harus dilakukan dengan cepat.Dalam penelitian ini, konsentrasi pada aspek ketanggapan dan kehandalan.Pelaksanaan pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat berkaitan erat dengan upaya untuk menciptakan kepuasan masyarakat sebagai penerima layanan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ketanggapan Dan Kehandalan Terhadap Kepuasan Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Kelurahan Sendangsari Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampling aksidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu sesuai sebagai sumber data. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah ditentukan 100 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Dengan menggunakan batas signifikasi 0,05 (5%).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketanggapan  berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai positif menunjukkan bahwa Ketanggapan mempunyai hubungan yang searah terhadap Kepuasan Masyarakat, yang artinya semakin tinggi Ketanggapanmaka semakin tinggi pula Kepuasan Masyarakat. Kehandalan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai positif menunjukkan bahwa Kehandalan Pelayanan mempunyai hubungan yang searah terhadap Kepuasan Masyarakat, yang artinya semakin tinggi Kehandalan Pelayananmaka semakin tinggi pula kepuasan masyarakat.


Keywords


Ketanggapan, Kehandalan, Kepuasan Masyarakat, Kantor Kelurahan Sendangsari

Full Text:

PDF

References


Adrianto Bowo. 2006. Persepsi dan partisipasi masyarakat terhadap pembangunan prasarana dasar pemukiman yang bertumpu pada swadaya masyarkat di kota magelang.Tesis. Semarang.Universitas Diponegoro.

Aryani D. dan Rosinta F. 2010.Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dalam Membentuk Loyalitas. Bisnis dan BirokrasiJurnal Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Vol 17 No 2, p. 114-126

Bandu, M. Yunus. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. PLN (Persero) Rayon Makassar Barat tahun 2013. Skripsi. Universitas Hassanudin Makassar.

Fadila, Dewi & Ridho, Sari Lestari Zainal. 2013. Perilaku Konsumen. Palembang: Penerbit Citrabooks Indonesia.

Feigenbaum, Armand V, 1991, Total Quality Control, Third Edition, Singapore: Mc Graw Hill Book.

Gay, L. R. dan Diehl, P. L., 1992, Research Methods for Business and Management, MacMilan Publishing Company, New York.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro: Semarang.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hardiansyah .2011.Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Husain Umar. 2005.Manajemen Riset dan Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pusat: Jakarta

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta.Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju.

Kotler, Philip. 1994. Marketing Management : Analysis, Planing, Implementation,Control. New Jersey : Prentice Hall, Inc.(Supranto, 1997: 23).

Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Mohamad, Ismail. 2003. Pelayanan Publik Dalam Era Desentralisasi.Seminar Bappenas.

Prasojo, Eko, 206. Kinerja pelayanan publik : persepsi masyarakat terhadap kinerja,keterlibatan dan partisipasi dalam pelayanan bidang pendidikan,kesehatan dan kependudukan.Departemen Ilmu Administrasi FISIP, Universitas Indonesia.

Putra, Fadillah. 2001. Paradigma Kritis dalam Studi Kebijakan Publik Perubahan dan Inovasi Kebijakan Publik dan Ruang Partisipasi Masyarakat dalam Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Ratminto.2006. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi ,2008. Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.

Tjahya Supriatna, 2003. Sistem Administrasi Pemerintahan di Daerah, Jakarta: Bumi. Aksara

Tjiptono, Fandy ,1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi Offset

Tjiptono,Fandy, 2001. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi. Offset.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua.Cetakan Keenam. Penerbit. Andy. Yogyakarta.

Tjiptono,Fandy2005,Pemasaran Jasa, Edisi pertama, Yogyakarta; Penerbit. Bayumedia Publishing.

Ineternet:

Bagus Ashari Putra.2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Di Pemerintah Daerah Boyolali (Study Kasus Pada Puskesmas Di Pemerintah Daerah Boyolali). Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia Online di http://eprints.ums.ac.id/23832/ . Di akses 20 April 2019

Yulianita, Arini. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan CV. Cipta Nusa Sidoarjo.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Perundang-Undangan:

Keputusan MENPAN Nomor 63/2004 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaran Pelayanan Publik.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor.73 Tahun 2005 Tentang Kelurahan

Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik IndonesiaNomor PER.O4/MEN/III/2007TentangPedoman Pelayanan Publik Di Lingkungan DepartemenTenaga Kerja Dan Transmigrasi.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 7 Tahun 2010 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik




DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v4i2.797

Article Metrics

Abstract view : 914 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Utami, Nining Sofiati Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X