Penilaian Kepuasan Multi Pihak Terhadap Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi di DIY

Mondha Rattrisulla(1*), Idham Ibty(2),

(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah pro dan kontra dalam pelaksanaan PPDB zonasi, masih belum tersosialisasikan secara maksimal dan jelas mengenai program PPDB sistem zonasi, terkendala faktor tenis, kapasitas sekolah tidak mencukupi dan masih tingginya disparitas kualitas antar sekolah. 

Metode penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi  penelitian ini di SMAN 3 Yogyakarta. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi dan kuisioner. Informan penelitian ini adalah kepala seksi perencanaan Dinas pendidikan pemuda dan olahraga (DISDIKPORA), masyarakat (siswa/ siswi) SMAN 3 dan SMAN 10 Yogyakarta, panitia PPDB SMAN 3 dan SMAN 10 Yogyakarta serta Ombudsman DIY. Tehnik analisis data melalui analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kepuasan terhadap program PPDB zonasi sudah baik, masyarakat selaku Implementor menyatakan puas karena mereka yang berada dalam zonasi dapat menjangkau untuk mendapatkan sekolah yang berada di zona yang dekat dengan sekolah favorit sedangkan yang tidak puas dikarenakan faktor nilai tinggi tidak akan berguna jika zonasinya tidak sesuai, pihak sekolah selaku Fasilitator melakukan kegiatan peningkatan kualitas peserta didik melalui klinik belajar agar sekolah tersebut mempertahankan status favoritnya. DISDIKPORA selaku Policy Creator dan Coordinator sudah menjalankan tugasnya dengan baik, sedangkan penilaian dari OMBUDSMAN selaku pengamat pendidikan atau akselerator menilai pelaksanaan PPDB zonasi di DIY masih belum terealisasikan dengan baik, seperti belum maksimalnya sosialisasi, penentuan indikator zonasi, dan konsistensi pengawasan internal sehingga dapat mengakomodir semua kepentingan masyarakat.

Keywords


Penilaian Multi Pihak, Kepuasan Pemanfaat, Kebijakan PPDB zonasi di DIY

Full Text:

PDF

References


Ariska Tri Viky Andani, E. S. (2019). Implementasi Program Pelayanan One Day Service dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Badan Pertanahan Nasional Kota. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP) , 329-331.

Hidayat, A. (2012, Oktober 14). metode penelitian. Retrieved from Penjelasan Lengkap Tentang Penelitian Kualitatif: https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html

Ibty, I. (20017). Kapasitas Pemberdayaan Masyarakat, Kebutuhan Mitigasi Risiko Pelayanan Publik; Kajian dari Audit Sosial Pemberdayaan. Jurnal Enersia Publika , 55-63.

Ibty, I. (2017). Audit Sosial Sebagai Model Integrasi Peningkatan Pemahaman dan Sensifitas Kewargaan Terhadap Pelayanan Publik. Enersia publika.

Ilham, M. (2019, Oktober 09). Pengertian Penilaian Menurut Para Ahli dan Kesimpulannya. Retrieved from Definisi Penilaian:http://materibelajar.co.id/pengertian-penilaian-menurutpara-ahli/

kemdikbud, p. w. (2019, juni 14). Tiga jalur PPDB 2019: Zonasi, Prestasi, Perpindahan Orang Tua. Retrieved from PPDB Zonasi: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/06/tiga-jalur-ppdb-2019-zonasi-prestasiperpndahan-orang-tua

Laksono, A. (2015, Maret 09). Pengertian kepuasan pelanggan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya menurut para ahli. Retrieved from Definisi kepuasan: http://adityalaksono26.blogspot.com/2015/03/pengertian-kepuasan-pelanggan-dan.html?m=1

Marini, K. (2019). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada SMA Negeri di Kota Bandar Lampung. Implementasi PPDB Zonasi , 4751.

Muhammad Ali Zuhri Mahfud, B. S. (n.d.). Peran Koordinasi Stakeholder dalam Pengembangan Kawasan Minapolitan di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Jurnal Administrasi Publik (JAP) , 2071-2074.

Oline, P. (2019-2020, April 22). siap PPDB. Retrieved from PPDB online DIY: http://diy.siap-ppdb.com/#/

Pendidikan.Com, D. (2019, Desember 31). Stakeholder adalah. Retrieved from Definisi Stakeholder: http://www.dosenpendidikan.co.id/ stakeholder-adalah/

Putsanra, D. V. (2019, Juni 19). PPDB Zonasi. Retrieved from memahami sistem Zonasi sekolah di PPDB 2019: https://tirto.id/memahami-sistem-zonasi-sekolah-di-ppdb-2019-ecEz




DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v4i1.792

Article Metrics

Abstract view : 265 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mondha Rattrisulla, Idham Ibty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X