Penilaian Kepuasan Multi Pihak Terhadap Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi di DIY
DOI:
https://doi.org/10.30588/jep.v4i1.792Keywords:
Penilaian Multi Pihak, Kepuasan Pemanfaat, Kebijakan PPDB zonasi di DIYAbstract
Permasalahan penelitian ini adalah pro dan kontra dalam pelaksanaan PPDB zonasi, masih belum tersosialisasikan secara maksimal dan jelas mengenai program PPDB sistem zonasi, terkendala faktor tenis, kapasitas sekolah tidak mencukupi dan masih tingginya disparitas kualitas antar sekolah.
Metode penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMAN 3 Yogyakarta. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi dan kuisioner. Informan penelitian ini adalah kepala seksi perencanaan Dinas pendidikan pemuda dan olahraga (DISDIKPORA), masyarakat (siswa/ siswi) SMAN 3 dan SMAN 10 Yogyakarta, panitia PPDB SMAN 3 dan SMAN 10 Yogyakarta serta Ombudsman DIY. Tehnik analisis data melalui analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kepuasan terhadap program PPDB zonasi sudah baik, masyarakat selaku Implementor menyatakan puas karena mereka yang berada dalam zonasi dapat menjangkau untuk mendapatkan sekolah yang berada di zona yang dekat dengan sekolah favorit sedangkan yang tidak puas dikarenakan faktor nilai tinggi tidak akan berguna jika zonasinya tidak sesuai, pihak sekolah selaku Fasilitator melakukan kegiatan peningkatan kualitas peserta didik melalui klinik belajar agar sekolah tersebut mempertahankan status favoritnya. DISDIKPORA selaku Policy Creator dan Coordinator sudah menjalankan tugasnya dengan baik, sedangkan penilaian dari OMBUDSMAN selaku pengamat pendidikan atau akselerator menilai pelaksanaan PPDB zonasi di DIY masih belum terealisasikan dengan baik, seperti belum maksimalnya sosialisasi, penentuan indikator zonasi, dan konsistensi pengawasan internal sehingga dapat mengakomodir semua kepentingan masyarakat.References
Ariska Tri Viky Andani, E. S. (2019). Implementasi Program Pelayanan One Day Service dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Badan Pertanahan Nasional Kota. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP) , 329-331.
Hidayat, A. (2012, Oktober 14). metode penelitian. Retrieved from Penjelasan Lengkap Tentang Penelitian Kualitatif: https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kualitatif.html
Ibty, I. (20017). Kapasitas Pemberdayaan Masyarakat, Kebutuhan Mitigasi Risiko Pelayanan Publik; Kajian dari Audit Sosial Pemberdayaan. Jurnal Enersia Publika , 55-63.
Ibty, I. (2017). Audit Sosial Sebagai Model Integrasi Peningkatan Pemahaman dan Sensifitas Kewargaan Terhadap Pelayanan Publik. Enersia publika.
Ilham, M. (2019, Oktober 09). Pengertian Penilaian Menurut Para Ahli dan Kesimpulannya. Retrieved from Definisi Penilaian:http://materibelajar.co.id/pengertian-penilaian-menurutpara-ahli/
kemdikbud, p. w. (2019, juni 14). Tiga jalur PPDB 2019: Zonasi, Prestasi, Perpindahan Orang Tua. Retrieved from PPDB Zonasi: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/06/tiga-jalur-ppdb-2019-zonasi-prestasiperpndahan-orang-tua
Laksono, A. (2015, Maret 09). Pengertian kepuasan pelanggan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya menurut para ahli. Retrieved from Definisi kepuasan: http://adityalaksono26.blogspot.com/2015/03/pengertian-kepuasan-pelanggan-dan.html?m=1
Marini, K. (2019). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada SMA Negeri di Kota Bandar Lampung. Implementasi PPDB Zonasi , 4751.
Muhammad Ali Zuhri Mahfud, B. S. (n.d.). Peran Koordinasi Stakeholder dalam Pengembangan Kawasan Minapolitan di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Jurnal Administrasi Publik (JAP) , 2071-2074.
Oline, P. (2019-2020, April 22). siap PPDB. Retrieved from PPDB online DIY: http://diy.siap-ppdb.com/#/
Pendidikan.Com, D. (2019, Desember 31). Stakeholder adalah. Retrieved from Definisi Stakeholder: http://www.dosenpendidikan.co.id/ stakeholder-adalah/
Putsanra, D. V. (2019, Juni 19). PPDB Zonasi. Retrieved from memahami sistem Zonasi sekolah di PPDB 2019: https://tirto.id/memahami-sistem-zonasi-sekolah-di-ppdb-2019-ecEz
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, dan Administrasi Publik. Jurnal ini terbuka untuk umum dan siap saja boleh mengakses jurnal tersebut.
Authors retain copyright and grant the Jurnal Enersia Publika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Jurnal Enersia Publika.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Enersia Publika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).