Kajian Partisipasi Masyarakat Pada Program Lele Cendol Program Gandeng Gendong Kota Yogyakarta

Desi Setyowati(1*), Idham Ibty(2),

(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan kemiskinan di kota Yogyakarta ditangani program Gandeng  Gendong yang salah satunya diterapkan di Kelurahan Tegalrejo dengan  memanfaatkan elemen kampung yakni pemberdayaan masyarakat dengan Program Perkembangbiakan Lele Cendol.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat serta faktor apa saja yang mempengaruhi derajat partisipasi terhadap program Perkembangbiakan Lele Cendol. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan metode study kasus. 

 Hasil penelitian menunjukan tingkat partisipasi pada  derajat kuasa masyarakat yaitu masyarakat mampu melaksanakan program secara mandiri tanpa bantuan dari pemerintah. Adapun faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat cenderung pada masyarakat berjenis kelamin laki-laki, pekerjaan buruh, pendapatan kurang dari 1.500.000 per bulan, dan lamanya tinggal sudah lebih dari 10 tahun. Sedangkan faktor pendidikan tidak berpengaruh selain itu terdapat faktor lain yang mempengaruhi partisipasi yaitu: (a) ketertarikan masyarakat terhadap program sehingga masyarakat memili rasa semangat untuk mengikuti program, (b) program tersebut merupakan sebuah keharusan bagi masyarakat KMS dan belum pernah mengikuti program sebelumnya, (c)  adanya kesadaran masyarakat dalam program  dan mengembangkanya sendiri.


Keywords


Partisipasi, Pengentasa kemiskinan, Gandeng Gendong, Lele Cendol

Full Text:

PDF

References


Amanda, Gita. 2018. Pemkot Yogyakarta Luncurkan Program Gandeng Gendong. Diunduh dari https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/04/10/p6yo5a423-pemkot-yogyakarta-luncurkan-program-gandeng-gendong. Diunduh Tanggal 5 Januari 2018.

Bungin Burhan. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit:PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Kur. 2018. Pemkot Yogyakarta Luncurkan Program Gandeng Gendong. Diunduh dari ttp://jogja.tribunnews.com/2018/04/10/pemkot-yogyakarta-luncurkan-program-gandeng-gendong?page=3. Diunduh Tanggal 5 Januari 2018.

______. 2018. Yogyakarta Rilis Konsep 'Gandeng Gendong. Diunduh dari https://www.wartaekonomi.co.id/read168891/yogyakarta-rilis-konsep-gandeng-gendong-penasaran.htm. Diunduh Tanggal 5 Januari 2018.




DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v4i1.789

Article Metrics

Abstract view : 231 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Desi Setyowati, Idham Ibty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X