Peningkatan Aktivitas Fisik Lansia Wredatama Dan Pemanfaatan Pekarangan Rumah Dengan Tanaman Sayur Organik Sebagai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Teguh Budi Prasetya(1*), Niken Widyastuti(2),

(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pencegahan penyakit dan promosi kesehatan merupakan upaya esensial di saat masih tingginya kejadian penyakit menular juga diiringi dengan semakin meningkatknya masalah penyakit tidak menular. Oleh sebab itu, untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), perlu dilakukan mobilisasi masyarakat dalam mebiasakan hidup sehat sesuai dengan tujuan program GERMAS.

Minimnya kegiatan dan aktivitas yang dilakukan oleh para lansia menyebabkan para lansia menjadi bermalas-malas dan tidak ingin melakukan aktivitas apapun. Perubahan-perubahan inilah yang membawa lansia menjadi tidak berdaya dan merasa tidak berguna yang kemudian mengarahkan pada menurunnya kepercayaan diri sendiri.Kelompok yang potensial untuk dilatih adalah Kelompok PWRI di Kecamatan Kasihan yang mencoba memanfaatkan pekarangan rumah dengan mengembangkan sayuran organik. Oleh karena itu perlu ditingkatkan pengetahuan dan ketrampilannya, sehingga menghasilkan program pendidikan sayuran organik yang berkualitas.

Tujuan lainnya yang akan dicapai, melalui aktivitas fisik dan pemanfaatan pekarangan dapat memberikan kesempatan bagi lansia untuk melatih dan menjaga kemampuan motorik, seperti koordinasi mata dan tangan, melatih otot-otot serta memberikan latihan ringan. Kegiatan juga membantu lansia untuk meningkatkan kepercayaan diri serta memunculkan rasa puas ketika tanaman yang mereka tanam dapat tumbuh.

Keywords


GERMAS, Aktivitas Fisik, Lansia

Full Text:

PDF

References


Buku

Ade Susane. Peningkatan Kualitas Hidup Lansia Melalui Penerapan Pola Hidup Sehat Di Nagari Sumaniak, Kabupaten Tanah Datar Tahun 2017, Jurnal JKK Vol. IV No. 2, April 2017

Iffan Matlahah, Pengembangan Varietas Sayur Organik, Jurnal AGROINTEK Vol. 4, No. 2 Agustus 2010

Syamsusmin Kurnia Dewi. Level Aktivitas Fisik dan Kualitas Hidup Warga Usia Lanjut. Jurnal Media kEsehatan Masyarakat Indonesia, Vol. 14, No. 3 September 2017

…dukung GERMAS dengan Aktivitas Fisik Aman dan Nyaman, didownload pada 23 Agustus 2019




DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v3i2.687

Article Metrics

Abstract view : 396 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Teguh Budi Prasetya, Niken Widyastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X