Implementasi Kebijakan Dana Desa Tahun 2016 Di Desa Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.30588/jep.v3i2.683Keywords:
Implementasi, Kebijakan, Dana Desa, Desa Sukoharjo Ngaglik Sleman YogyakartaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui keefektifan implementasi kebijakan Dana Desa Tahun 2016 di Desa Sukoharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Yogyakarta. Desa Sukoharjo adalah salah satu desa yang mempunyai APBDes yang cukup besar. Dana Desa yang diterima Desa Sukoharjo dari pemerintah Pusat berdasarkan dokumen atau data yang diperoleh pada observasi dengan jumlah pendapatan desa sebesar Rp. 2.650.997.387,- termasuk Dana Desa sebesar Rp. 748.223.000. Berdasarkan informasi yang diperoleh pembangunan masih belum merata sehingga peneliti ingin meneliti Desa Sukoharjo untuk mengetahui implementasi kebijakan Dana Desa Tahun 2016 di Desa Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan berdasarkan permasalahan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Reduksi Data dan Penyajian Data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Dana Desa Tahun 2016 di Desa Sukoharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman sesuai dengan kewenangan desa untuk pembangunan, prioritas penggunaan dana desa untuk pembangunan sarana prasarana, dan telah memenuhi prinsip Keadilan, Kebutuhan prioritas, dan kewenangan desa dalam pelaksanaan programnya; Komunikasi mengutamakan Musyawarah dan informasi untuk pembangunan fisik, telah sesuai dengan prinsip transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas; Sumberdaya dengan melibatkan masyarakat dalam melaksanakan program pembangunan yaitu dengan secara swakelola dan pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan prioritas dan berkelanjutan, namun belum cukup mengakomodasi aspirasi berbagai pihak di Desa Sukoharjo.
References
Dr. Lijan Poltak Sinambela, M.M., M.Pd., dkk. ‘’Reformasi Pelayanan Publik’’Teori, Kebijakan, dan Implemntasi. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Subarsono, AG. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2005
Tangkilisan, Hessel Nogi. S. Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Lukman Offset. 2003.
Soenarko, H. Public Policy. Surabaya: Airlangga University. 2003
Tangkilisan, Hessel Nogi. S. Kebijakan Publik Yang Membumi. Jakarta: Lukman Offset. 2003.
Nugroho, Riant, 2012. Public Policy: Dinamika Kebijakan, AnalisisKebijakan,Manajemen Kebijakan . Elex Media Komputindo, Jakarta.
K. Yin, Robert, 2003. Studi Kasus: Disain dan Metode. M. Djauzi Mudjakir (Penerjemah). PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Koentjaraningrat. 1993. Metode-metode Penelitian Masyarakat. PT. Gramedia, Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 2006. Metode Penelitian Survey, Edisi Revisi. LP3ES, Jakarta.
Prof. Muchlis Hamdi. 2014 ‘’Kebijakan Publik’’ proses, analisis, dan partisipasi. PT. Ghalia Indonesia. Bogor.
Bintarto, R. Dr. 1983. Interaksi Desa-Kota. Ghalia Indonesia. Devas, Nick, Brian, Yogyakarta.
Anggara, Sahya, 2014, Kebijakan Publik, Penerbit CV Pustaka Setia, Bandung.
Widjaja, HAW.2004. Otonomi Desa Merupakan Otonomi yang Asli Bulat dan Utuh. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Eko, S, dkk. 2016. Dana Desa untuk Desa Membangun Indonesia (Tanya Jawab Seputar Dana Desa). Kemendes PDTT, Jakarta.
JURNAL DAN ARTIKEL
Haedar Akib, 2010, Implementasi Kebijakan, Apa, Mengapa, dan Bagaimana.Administrasi Publik. Volume 1 No. 1 Tahun 2010.
https://ppidkemkominfo.files.wordpress.com/2016/08/uu-no-6-tahun-2014-tentang-desa.pdf, diakses 4 Oktober 2017
https://ppidkemkominfo.files.wordpress.com/2016/08/pp-no-8-th-2016-ttgperubahan-kedua-atas-pp-no-60-tahun-2014.pdf, diakses 4 Oktober 2017
http://www.masawah.desa.id/2016/04/peraturan-pemerintah-danperaturan.html, diakses 4 Oktober 2017
https://www.kompasiana.com/bagasjanuarinaldid/agar-pemanfaatan-dana-desatepat-sasaran_5692dd612b7a61a60dcc71ec, diakses 4 Oktober 2017
http://anakdesa12.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-desa.html, diakses 4Oktober 2017
http://www.presidenri.go.id/program-prioritas-2/dana-desa-dan-penyusunankewenangan-desa.html, diakses 4 Oktober 2017
https://www.google.co.id/amp/s/laodesyamri.net/2015/01/02/definisi-konsepmenurut-para-ahli/amp/, diakses 15 Desember 2017
https://pramascita.wordpress.com/2013/06/08/faktor-faktor-yangmempengaruhi-implementasi-kebijakan/, diakses20 Desember 2017
www.bayuweasleyceplik.blogspot.co.id/2013/10/peran-stakeholder-sebagaipengambil.html?m=1 24 Desember 2017
http://www.google.co.id/amp/s/laodesyamri.net/2005/01/02/definisi-konsepmenurut-para-ahli/amp/ diakses 29 Desember 2017
https://arpansiregar.wordpress.com/2013/01/17/model-dan-faktor-faktor-yangmempengaruhi-implementasi-kebijakan/ diakses 05 April 2018
RUJUKAN SKRIPSI
Syamsul, 2017. Pelaksanaan Dana Desa (DD) Di Desa Candibinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman (Studi Kasus di Desa Candibinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Tahun 2016), Yogyakarta.
Widayati, Noor, 2018. Pemanfaatan Dana Desa (DD) Di Desa Argomulyo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, dan Administrasi Publik. Jurnal ini terbuka untuk umum dan siap saja boleh mengakses jurnal tersebut.
Authors retain copyright and grant the Jurnal Enersia Publika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Jurnal Enersia Publika.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Enersia Publika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).