Kolaborasi Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Depot Air Minum Isi Ulang Di Kabupaten Sleman, DIY
DOI:
https://doi.org/10.30588/jep.v3i1.620Abstract
Kecenderungan masyarakat untuk mengkonsumsi air minum isi ulang terus meningkat sehingga membutuhkan upaya peningkatan kualitas layanan Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) melalui pembinaan dan pengawasan agar air minum isi ulang selalu aman dan sehat untuk dikonsumsi. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota merupakan penanggungjawab dalam kualitas layanan DAMIU. Namun pelaksanaan peningkatan kualitas layanan DAMIU melalui pembinaan dan pengawasan tidak akan berjalan secara efektif dan efisien apabila hanya dari pihak pemerintah saja. Untuk itu diperlukan kolaborasi antar pemangku kepentingan yang melibatkan pemerintah, swasta, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanan kolaborasi dalam peningkatan kualitas layanan melalui pembinaan dan pengawasan Depot Air Minum Isi Ulang di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kolaborasi dalam peningkatan kualitas layanan melalui pembinaan dan pengawasan Depot Air Minum Isi Ulang di Kabupaten Sleman, Yogyakarta belum berjalan dengan baik dan tidak efektif. Belum adanya kerjasama antar pemerintah, pihak depot (swasta), dan masyarakat dalam hal pembinaan baik kepada DAMIU maupun masyarakat serta kerjasama dalam hal pengawasan yang dilakukan pemerintah dan masyarakat kepada pihak depot (swasta) yang belum terlaksana dengan maksimal. Sehingga rekomendasi yang diberikan adalah perlu ada upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memilih produk dari suatu depot, menyediakan sarana pelaporan kepada masyarakat ketika ditemukan suatu masalah serta memperketat persyaratan perijinan dalam pengusahaan DAMIU. Selain itu, pembinaan kepada pengusaha pemilik depot harus dimaksimalkan serta meningkatkan ketegasan pemerintah bagi depot-depot yang melanggar peraturan.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Pembinaan dan Pengawasan, Kolaborasi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, dan Administrasi Publik. Jurnal ini terbuka untuk umum dan siap saja boleh mengakses jurnal tersebut.
Authors retain copyright and grant the Jurnal Enersia Publika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Jurnal Enersia Publika.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Enersia Publika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).