Kolaborasi Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Depot Air Minum Isi Ulang Di Kabupaten Sleman, DIY
Abstract
Kecenderungan masyarakat untuk mengkonsumsi air minum isi ulang terus meningkat sehingga membutuhkan upaya peningkatan kualitas layanan Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) melalui pembinaan dan pengawasan agar air minum isi ulang selalu aman dan sehat untuk dikonsumsi. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota merupakan penanggungjawab dalam kualitas layanan DAMIU. Namun pelaksanaan peningkatan kualitas layanan DAMIU melalui pembinaan dan pengawasan tidak akan berjalan secara efektif dan efisien apabila hanya dari pihak pemerintah saja. Untuk itu diperlukan kolaborasi antar pemangku kepentingan yang melibatkan pemerintah, swasta, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanan kolaborasi dalam peningkatan kualitas layanan melalui pembinaan dan pengawasan Depot Air Minum Isi Ulang di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kolaborasi dalam peningkatan kualitas layanan melalui pembinaan dan pengawasan Depot Air Minum Isi Ulang di Kabupaten Sleman, Yogyakarta belum berjalan dengan baik dan tidak efektif. Belum adanya kerjasama antar pemerintah, pihak depot (swasta), dan masyarakat dalam hal pembinaan baik kepada DAMIU maupun masyarakat serta kerjasama dalam hal pengawasan yang dilakukan pemerintah dan masyarakat kepada pihak depot (swasta) yang belum terlaksana dengan maksimal. Sehingga rekomendasi yang diberikan adalah perlu ada upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memilih produk dari suatu depot, menyediakan sarana pelaporan kepada masyarakat ketika ditemukan suatu masalah serta memperketat persyaratan perijinan dalam pengusahaan DAMIU. Selain itu, pembinaan kepada pengusaha pemilik depot harus dimaksimalkan serta meningkatkan ketegasan pemerintah bagi depot-depot yang melanggar peraturan.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Pembinaan dan Pengawasan, Kolaborasi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30588/jep.v3i1.620
Article Metrics
Abstract view : 372 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020
Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:
Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia
Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia
ISSN 2579-924X