Kualitas Pelayanan Kantor Pos Babarsari Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Suhaili Suhaili Universitas Proklamasi 45
  • Nining Sofiati Universitas Proklamasi 45

DOI:

https://doi.org/10.30588/jep.v3i1.619

Keywords:

Kualitas Pelayanan Kantor Pos, Kepuasan

Abstract

Pada saat ini Kantor Pos Cabang Yogyakarta adalah sebagai Kantor Pos besar tingkat Provinsi yang membawahi sejumlah Kantor Pos cabang tingkat yang berada di kabupaten yang meliputi Kabupaten Sleman, Kulon Progo, Bantul, dan Gunung Kidul. Salah satu cabang dari kantor Pos Indonesia Cabang Yogyakarta adalah Kantor Pos Babarsari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabupaten Sleman). Dalam hal ini pemilihan penulisan pada Kantor Pos Cabang Babarsari yang berada di Kabupaten karena ketertarikan penulis dalam mengetahui dengan secara detail dan jelas mengenai aktifitas organisasi publik di wilayah tingkat II (Kabupaten). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara menggambarkan atau menganalisis data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Data yang diperoleh ditabulasi dengan menyusunnya kedalam tabel kemudian dihitung rata-ratanya, selanjutnya dievaluasi dan diinterpretasikan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan pengguna pada Kantor Pos Babarsari telah memenuhi harapan pengguna pada dimensi Bukti Fisik (Tangibles) dengan nilai MSA yaitu 16,8, pada dimensi Reliabilitas (Reliability) diperoleh nilai MSA sebesar 18,5, pada dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) diperoleh nilai MSA sebesar 19,2, dimensi Jaminan (Assurance) memperoleh nilai MSA 4,5, dan pada dimensi Empati (Emphaty) memperoleh nilai MSA sebesar -18,9. Dengan nilai MSA yang menunjukkan nilai positif dapat dikatakan bahwa layanan pengguna pada layanan Kantor Pos Babarsari Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta telah memenuhi harapan minimum pengguna layanan dan dapat diartikan pengguna layanan  merasa puas terhadap layanan yang diterimanya.

Downloads

Published

2020-01-07