Kualitas Pelayanan Kantor Pos Babarsari Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.30588/jep.v3i1.619Keywords:
Kualitas Pelayanan Kantor Pos, KepuasanAbstract
Pada saat ini Kantor Pos Cabang Yogyakarta adalah sebagai Kantor Pos besar tingkat Provinsi yang membawahi sejumlah Kantor Pos cabang tingkat yang berada di kabupaten yang meliputi Kabupaten Sleman, Kulon Progo, Bantul, dan Gunung Kidul. Salah satu cabang dari kantor Pos Indonesia Cabang Yogyakarta adalah Kantor Pos Babarsari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabupaten Sleman). Dalam hal ini pemilihan penulisan pada Kantor Pos Cabang Babarsari yang berada di Kabupaten karena ketertarikan penulis dalam mengetahui dengan secara detail dan jelas mengenai aktifitas organisasi publik di wilayah tingkat II (Kabupaten). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara menggambarkan atau menganalisis data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Data yang diperoleh ditabulasi dengan menyusunnya kedalam tabel kemudian dihitung rata-ratanya, selanjutnya dievaluasi dan diinterpretasikan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan pengguna pada Kantor Pos Babarsari telah memenuhi harapan pengguna pada dimensi Bukti Fisik (Tangibles) dengan nilai MSA yaitu 16,8, pada dimensi Reliabilitas (Reliability) diperoleh nilai MSA sebesar 18,5, pada dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) diperoleh nilai MSA sebesar 19,2, dimensi Jaminan (Assurance) memperoleh nilai MSA 4,5, dan pada dimensi Empati (Emphaty) memperoleh nilai MSA sebesar -18,9. Dengan nilai MSA yang menunjukkan nilai positif dapat dikatakan bahwa layanan pengguna pada layanan Kantor Pos Babarsari Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta telah memenuhi harapan minimum pengguna layanan dan dapat diartikan pengguna layanan merasa puas terhadap layanan yang diterimanya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, dan Administrasi Publik. Jurnal ini terbuka untuk umum dan siap saja boleh mengakses jurnal tersebut.
Authors retain copyright and grant the Jurnal Enersia Publika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Jurnal Enersia Publika.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Enersia Publika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).