Relasi Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan

Novi Susilo Wati(1*), Teguh Budi Prasetya(2),

(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan layanan Ojek daring (ojol) dewasa ini nampaknya menjadi fenomena yang amat menarik, karena selain membuka sejumlah lapangan kerja juga mampu menjadi solus problem transportasi publik masyarakat.  Problemnya, transisi layanan ojek ini sering menimbulkan konflik dengan layanan konvensional. Pertanyaannya, mengapa model layanan baru ini seakan tak terbendung ?  kualitas layanan baru ini yang menjadi pendorong percepatan lahirnya layanan ojek modern ?

Penelitian dilakukan secara survai dengan memanfaatan kuesioner, wawancara mendalam dan observasi untuk mengumpulkan data penelitian. Analisis dilakukan secara deskriptif memanfaatkan logika penelitian kualitatif.

Data lapangan menunjukkan bahwa Ojol secara signifikan memiliki kualitas layanan yang dianggap lebih baik di bidang penampilan driver dan kendaraannya, kecepatan merespon order, kepastian harga dan layanan serta rasa aman kepada penggunannya.  Keunggulan ini yang membuat pelanggan cenderung puas dan  akan menggunakan kembali layanan ojol serta merekomendasikannya kepada pengguna lain

 

Kata kunci: ojol, kualitas layanan, kepuasan pelanggan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v2i1.607

Article Metrics

Abstract view : 233 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019



Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X