Pengembangan Social Security Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Social Dalam Mega Proyek New Yogyakarta International Airport

Faizal Aco(1*), GD Riko Widane(2),

(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang berlangsung secara sadar, terencana dan berkelanjutan dengan sasaran utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia atau masyarakat suatu bangsa. Pembangunan New Yogyakarta International Airport di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon  Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan sarana transportasi udara di Daerah Istimewa Yogyakarta dikarenakan Bandara Internasional Adi Sutjipto sudah cukup lama berada dalam kondisi jenuh, baik di sisi darat maupun di sisi udaranya dengan kapasitas terminal yang sudah tidak dapat dikembangkan lagi.

Tujuan penelitian yaitu Mengetahui dampak social pada daerah-daerah penyangga mega proyek NYIA. 1) Mengetahui konsep social security yang sesuai untuk mitigasi social pada daerah-daerah penyangga mega proyek NYIA. 2) Mengetahui upaya pemerintah daerah Istimewa Yogyakarta dalam  penerapan social security yang sesuai untuk mitigasi social pada daerah-daerah penyangga mega proyek NYIA.

Metode yang digunakan metode penelitian kualitatif akan menjadi metode utama dalam penelitian ini. Pemilihan metode kualitatif ini dilakukan untuk mendapatkan sebuah kondisi penelitian yang lebih dekat dengan realitas agar hasil penelitian menjadi lebih tepat guna. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan kajian kepustakaan dan literatur, interview, observasi dan dokumentasi. Diharapkan penelitian ini akan mengetahui tentang Pengembangan Social Security Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Social Dalam Mega Proyek New Yogyakarta International Airport.

 

Kata Kunci : Social Security, Bencana Social, Proyek Airport, Kebijakan Pemerintah Kulon Progo

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v2i1.605

Article Metrics

Abstract view : 378 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019



Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X