Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sumenep

Fitriya Fitriya(1*), Bening Hadilinatih(2),

(1) Universitas Proklamasi 45
(2) Universitas Proklamasi 45
(*) Corresponding Author

Abstract


Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sumenep merupakan salah satu instansi pemerintahan yang bergerak di bidang penyelenggara pelayanan publik salah satunya dalam bidang pembuatan sertifikat tanah. Dalam prosesnya banyak keluhan dari masyarakat yang mengatakan kurangnya akses yang diberikan, ketidaktepatan waktu dalam pembuatan sertifikat tanah, dan adanya oknum aparatur yang terjerat kasus korupsi. Sehingga kualitas pelayanan perlu mendapat perhatian yang serius untuk lebih ditingkatkan supaya memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan sertifikat tanah dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan pembuatan sertifikat tanah pada kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sumenep. Indikator kualitas pelayanan dalam pembuatan sertifikat tanah diukur dari: (1). Kesederhanaan dalam pelayanan (2). Ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan (3). Kemudahan akses dalam memberikan pelayanan (4). Kenyamanan lingkungan dalam memberikan pelayanan (5). Kedisiplinan, Kesopanan, dan Keramahan Aparatur dalam memberikan pelayanan.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan sertifikat tanah pada kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sumenep sudah cukup baik dan sesuai dengan SOP (Standart Operating Prosedur) yang ada. Faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, yang masih perlu diperbaiki adalah faktor sistem pelayanan terutama dalam masalah keterbukaan biaya masih belum sesuai dngan harapan masyarakat. Sedangkan faktor Organisasi dan faktor Aparatur sudah cukup baik dengan kata lain Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sumenep masih perlu adanya perbaikan.


Keywords


Kualitas pelayanan; Sertifikasi Tanah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v2i1.603

Article Metrics

Abstract view : 607 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fitriya Fitriya, Bening Hadilinatih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X