Implementasi Kebijakan E-Government Pada Sistem Aplikasi Layanan Dukcapil Smart

Shalsha Aisyah Dihani A.K(1*), Faizal Aco(2),

(1) Universitas Proklamasi 45
(2) Universitas Proklamasi 45
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan data dari disdukcapil.bantulkab.go.id bahwa aplikasi Dukcapil Smart sudah diciptakan sejak tahun 2018 dan mulai berkembang pesat sejak bulan Juni hingga bulan Desember 2020, sebanyak 77.586 masyarakat yang mengajukan pelayanan melalui aplikasi Dukcapil Smart Bantul. Namun karena data yang diambil merupakan data tahun 2020 dan untuk saat ini pandemi covid-19 perlahan sudah mulai surut aplikasi smart Bantul untuk saat ini masih belum tahu apakah masih baik dilaksanakan apa tidak, untuk itu berdasarkan latar belakang di atas penulis tertarik untuk meneliti tentang Implementasi Kebijakan E-Government Pada Sistem Aplikasi Layanan Dukcapil Smart (Studi Kasus Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul).
Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan tipe penelitian ini adalah tipe penelitian Fenomologi yaitu penelitian pengumpulan data dengan wawancara dan data secara tertulis hal ini dibuat agar tujuan dari penelitian bisa akurat dengan apa yang terjadi dilapangan dan apa yang tertuang pada dokumen-dokumen kemudian selanjutnya dengan observasi partisipan untuk mengetahui kenyataan yang terjadi dilapangan mengenai implementasi E-Government pada sistem layanan Dukcapil Smart di Dukcapil Bantul.
Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa indikator berjalannya sebuah kebijakan implementasi terdapat 4 indikator yang sesuai dengan Teori Edward III, yaitu ada Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Sedangkan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Kebijakan Sistem Aplikasi Dukcapil Smart Bantul ada Efisiensi, Efektivitas, Transparansi dan Akuntabilitas.


Keywords


Implementasi Kebijakan; E-Government; Dukcapil Smart.

Full Text:

PDF

References


Agustino, Leo. 2006. Politik & Kebijakan Publik. Bandung: AIPI Bandung

ANDI Indrajid, R. E. (2004). Electronic Government (Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital). Andi Publisher.

Azkiya, H. (n.d.). penerapan e-government dalam peningkatan pelayanan publik, 0714111330.

Edward III, George C. 1978. Understanding Public Policy. New Jersey: Prantice Hall.

Faizal Aco (2019, Desember). Mitigasi Bencana Berbasis Dana Desa Dalam Menghadapi Bahaya Tebing Rawan Sepanjang Pantai di Gunung Kidul. Jurnal Enersia Publika, Hal 139-155

Gunawan, H., & Sinaga, B. L. (2018). Analisis Pengaruh Gender dalam Penerimaan Teknologi "Smart City" dengan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Seminar Nasional Riset Teknologi, 349-354.

Hardjaloka, L. (2014). Studi Penerapan EGovernment Di Indonesia Dan Negara Lainnya Sebagai Solusi Pemberantasan Korupsi Di Sektor Publik. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 3(3), 435–452.

Indrajit, R. E. (2016). Konsep dan Strategi Electronic Government. Yogyakarta: Andi.

Rindi K, Faizal Aco. 2023. Analisis Kinerja Pegawai Pasca Pandemi Covid-19. Hal 118.

Subarsono, Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori, dan Aplikasi), Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Alfabeta, Bandung, 2008.

Supardal. (2016). Penerapan ICT dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Bantul, 6(2), 120– 134.

Tachjan, 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: Lemlit Unpad Tachjan, 2006. Diktat Kuliah Kebijakan Publik. Bandung.

Yansen, Aco Faizal. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Puskesmas Depok II Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal 330-341.

Winarno, Budi. 2005. Teori & Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.

Instruktur Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan EGovernment Peraturan

Pemerintah No. 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Peraturan Bupati Bantul No. 16 Tahun 2015 tentang Tertib Administrasi Kependudukan, aplikasi Dukcapil Smart Bantul ini diciptakan supaya mempermudah masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan.




DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v7i2.1746

Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Shalsha Aisyah Dihani A.K, Faizal Aco

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X