Kualitas Pelayanan Samsat Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Di Kabupaten Temanggung
DOI:
https://doi.org/10.30588/jep.v7i1.1551Keywords:
Kualitas Pelayanan, Samsat Keliling, Pajak Kendaraan Bermotor.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya temuan kasus mengenai prosedur pelayanan yang berbelit-belit dan pegawai tidak disiplin waktu. Untuk mengantisipasi masalah tersebut maka dibentuklah unit pembantu berupa samsat keliling yang terdiri seperti bus yang beroperasi di beberapa titik untuk melakukan pembayaran pajak. Penelitian ini dibuat agar dapat meninjau dan melihat kualitas pelayanan pada samsat keliling dalam upaya meningkatkan pajak kendaraan bermotor, apakah dengan diadakannya samsat keliling masyarakat lebih banyak membayar pajak menggunakan samsat keliling ataupun tetap membayar pajak dengan datang langsung ke kantor samsat induk.
Penelitian ini dilakukan di samsat keliling Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini antara lain petugas samsat keliling dan masyarakat wajib pajak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan samsat keliling di Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung cukup baik dan memadai, Untuk penggunaan samsat keliling ini sudah efektiv karena penggunaan samsat keliling dari tahun ke tahun kualitas pelayanannya semakin baik sehingga dapat meningkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor.References
Ari Ramdani. 2018. “Inovasi Pelayanan Publik Samsat Keliling Di Kota Tasikmalaya”. Jurnal Administrasi Negara, Vol 6 No 1, April 2018.
Faisal Riza. 2017.” Kualitas Pelayanan Kantor Samsat Surakarta”. Jurnal Ilmiah, Juli 2017.
Hubalillah, Badaruddin & Heri Kusmanto. 2022. “Analisis Kualitas Pelayanan Bus Samsat Keliling Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Medan Selatan (Badan Pengelolaan Pajak dan Restribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara)”. Jurnal Perspektif 11 (1). 2022.
Leli Ardiani, Kadarisman Hidayat, Sri Sulasmiyati. 2017.” Implementasi Layanan Inovasi Samsat Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama Samsat Kabupaten Tulungagung)”. Jurnal Perpajakan (JEJAK), vol .9 No 1, Mei 2016.
Nadya Rahmarani. 2017. “Kualitas Pelayanan Samsat Keliling Pada Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Subang”. Jurnal Ilmiah, September 2017.
Saefullah, H.A. Djadja. 2001. “Konsep dan Metode Pelayanan Umum Yang Baik”. Jurnal Publik Volume Nomor 1 Bandung: UNPAD
Peraturan Perundang-undangan:
Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Pasal 1 ayat 12 dan ayat 13
Peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor pasal 22 ayat 1
Peraturan Daerah Jawa Tengah No. 3 Tahun 2002, pasal 8, 9, dan 10.
Yansen, Aco Faizal. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Puskesmas Depok II Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal 330-341.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, dan Administrasi Publik. Jurnal ini terbuka untuk umum dan siap saja boleh mengakses jurnal tersebut.
Authors retain copyright and grant the Jurnal Enersia Publika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Jurnal Enersia Publika.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Enersia Publika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).