Implementasi Kebijakan Perizinan Usaha Perdagangan Di Kabupaten Purworejo

Sintiya Armelia(1*), Nurhadi Nurhadi(2),

(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan adanya kasus mengenai penolakan pembangunan toko bangunan di Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo yang di duga tidak memiliki izin usaha. Tujuan yang hendak di capai pada penelitian ini, antara lain: (1) Mengetahui Implementasi Kebijakan Perizinan Usaha Perdagangan di Kabupaten Purworejo. (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi Implementasi Kebijakan Perizinan Usaha Perdagangan di Kabupaten Purworejo.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan sampling mengunakan Purposive Sampling. Informan penelitian ini antara lain Sekretaris Dinas, Staff Administrasi, Staff pelayanan di DMPTSP, Sekretaris Kecamatan Gebang, dan beberapa pelaku UMKM di Kabupaten Purworejo. Adapun teknik analisis data mengunakan teknik deskriptif. Wawancara dan data tertulis dalam pengumpulan data yang kemudian dilakukan observasi untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan perizinan usaha perdagangan di Kabupaten Purworejo.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan perizinan usaha perdagangan di Kabupaten Purworejo telah dilakukan dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku yaitu perubahan sistem perijinan dari bentuk SIUP menjadi NIB. Selain itu, perizinan dimengalami peningkatan dalam penerbitan usaha perdagangan pada toko bangunan Mikro, Kecil dan Menengah. Implementasi kebijakan perizinan tersebut dipengaruhi faktor komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi.

Keywords


Implementasi Kebijakan; UMKM; Perizinan Perdagangan.

Full Text:

PDF

References


Agustinus, L. (2006). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandun: Alfabeta.

Agustinus, L. (2017). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Abdul Wahab, Solichin. 2004.Analisis Kebijaksanaan Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara.Jakarta: Bumi Aksara.

DR. Taufiqurokhman, S. (2014). Kebijakan Publik. Jakarta Pusat: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Moestopo Beragama Pers.

Juniarso, R. (2009). Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: Nuansa.

Kusnadi, I. H., & Baihaqi, M. R. (2020, Desember). Implementasi Kebijakan Sistem Online Single Submission (OSS). WPAJ, 2(2)

Nugroho D, R. (2004). Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluas. Jakarta: Gramedia.

Sadewo, N. E. (2019). Implementasi Kebijakan Perizinan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Di Kabupaten Gresik. Malang: Universitas Brawijaya.

Samudra, B. (2018). Implementasi Kebijakan Pemberian Izin Usaha Mikro Dan Kecil Di Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Nganjuk: Universitas Brawijaya.

Sumarjono, S. d. (n.d.). Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Usaha Perdagangan.

JURNAL:

ekeon, J., Sumampow, I., & Kimbal, A. (2023). Implementasi Kebijakan Izin Usaha Perdagangan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Minahasa. Jurnal Governance, 3. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/governance/article/view/45312/40864

Fachrudin, M. K., & Megawati, S. (2022). Implementasi Kebijakan Perizinan Perdagangan. Implementasi Kebijakan Perizinan Perdaganga, 10, 323-334.

Faizal Aco (2018, Desember). Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Mengatasi Dampak Pencemaran Lingkungan Pada Pertambangan Emas Rakyat. Jurnal Enersia Publika, Hal 67-86.

Khairani, Hamdi, M., & Labolo, M. (2022, Juni). Implementasi Kebijakan Sistem Perizinan Online Single Subsmission (OSS) Dalam Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Muaro Jambi. Journal of Government Studies, 1, 30-40

Sariningtyas, P. d. (2011). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Pada Usaha Kecil dan Menengah. JAKI, 1, 90-101

Salina, A. P. (2022, Agustus Senin). Dinar. Retrieved from Dream.co.id: https://www.dream.co.id/dinar/peran-pentingnya-marketplace-toko-bangunan-untuk-perkembangan-perekonomian-220815d.htmz

Wibawa, A. A. (2019, Desember 3). Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan Bagi Perseroan Terbatas Dengan Terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2016. Jurnal Hukum Kenotariatan, 4, 364-375.




DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v7i1.1550

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sintiya Armelia, Nurhadi Nurhadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X