Analisis Efektivitas Kinerja Pegawai Pasca Pandemi Covid-19

Authors

  • Rindi Kosasi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
  • Faizal Aco Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30588/jep.v7i1.1547

Keywords:

Efektivitas, Kinerja Pegawai, Covid-19.

Abstract

Kinerja pegawai merupakan salah satu upaya dalam menentukan keberhasilan pencapaian tujuan dikarenakan organisasi merupakan faktor yang dapat mewujudkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi (Nur Fitrah, 20202:1). Dalam pelaksanaan pelayanan publik, efektivitas kinerja merupakan ukuran dan kemampuan dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan oleh suatu perusahaan atau instansi. Sekretariat DPRD Kota Yogyakarta beserta pihak-pihak yang ada di dalamnya dituntut untuk meningkatkan kinerja pegawai untuk tercapainya pelayanan publik yang berkualitas baik di masa pandemi maupun pasca pandemi (Covid-19). Sekretaris Dewan (DPRD) berfungsi dan berperan penting dalam peningkatan kualitas sebagai fasilitator yang mendukung dalam mengoptimalkan peran dan fungsi DPRD Kota Yogyakarta dalam rangka implementasi Tri Fungsi DPRD yaitu fungsi dari legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.

Adapun tipe penelitian ini adalah tipe penelitian Deskriptif Kualitatif yaitu penelitian pengumpulan data dengan wawancara dan data secara tertulis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terhadap sejumlah informan, dan dari dokumen-dokumen tertentu yang berhubungan dengan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Kinerja Pegawai Pasca Pandemi (Covid-19) di Sekretariat DPRD Kota Yogyakarta sudah efektif, dilihat atau ditinjau dari indikator efisiensi kinerja pegawai, otoritas dan tanggung jawab, disiplin, inisiatif, faktor personal/individu, faktor kepemimpinan, faktor fasilitas, dan faktor kontekstual. perlu adanya peningkatan komunikasi serta koordinasi antar bagian dalam fasilitasi kegiatan anggota dewan (DPRD). Sehingga menciptakan keefektivan kinerja dalam penyelesaian tugasnya.

References

Gulo, W. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo

Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Mahsun, Mohammad. 2014. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE

Mangkunegara. A.A. Anwar Prabu. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pasolong Harbani. (2014). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Sinambela, Lijan Poltak. (2012). Kinerja Pegawai Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sutrisno. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media.

Wibowo. (2016). Manajemen kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Yansen, Aco Faizal. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Puskesmas Depok II Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal 330-341.

Downloads

Published

2023-06-21