Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Dokumen Rpjm Desa Berdasarkan Wilayah Dusun Di Desa Kertosono Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo

Syamsudin Syamsudin(1*),

(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Dasar dari pembangunan desa adalah upaya meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Dalam rangka tersebut maka pemerintah desa harus menyusun perencanaan pembangunan desa mendasarkan pada kebutuhan dan aspirasi masyarakat dengan memahami segala hambatan yang ada, serta memanfaatkan seluruh potensi atau sumber daya yang dimiliki baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia, sesuai kewenangannya dengan mengacu pada perencanaan pembangunan kabupaten/kota.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dimana peneliti terlibat langsung dalam proses dan melakukan pengamatan secara langsung. Penelitian ini dilakukan tanpa melakukan perubahan, tambahan atau manipulasi terhadap data yang memang sudah ada. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pengamatan dan lembar observasi.

Penelitian bertujuan untuk mengeksplore mengenai tingkat partisipatif masyarakat, berdasarkan kewilayahan di dalam proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa melalui Musyawarah Dusun. Pada penelitian ini terdapat 3 dusun dengan jumlah KK setiap dusun yang berbeda, dimana salah satu indikator tingkat partisipasi diambil dari prosentase kehadiran pada saat kegiatan Musyawarah Dusun.  Berdasarkan data yang didapatkan menunjukkan bahwa tingkat partisipasi tidak ditunjukkan oleh wilayah yang mempunyai jumlah penduduk yang lebih banyak maupun rata-rata tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Keywords


Tingkat Partisipatif; RPJMDes.

Full Text:

PDF

References


Dokumen RPJM Desa, Desa Kertosono Tahun 2019-2025, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo.

Henti, Faizal Aco, Idham Ibty (2020, Desember). Hubungan Kepatuhan Penggunaan Dana Desa Terhadap Program Mitigasi Bencana “Studi Kasus Di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta” Jurnal Enersia Publika, Hal 197-211.

Moleong, Lexy. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Karya. Bandung.

Noor Widayati, Faizal Aco (2019, Desember). Pemanfaatan Dana Desa (DD) Di Desa Argomulyo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Jurnal Enersia Publika, Hal 156-175.

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 17 Tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Sugiyono (2003:74-78), Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Pusat Bahasa. Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v6i2.1395

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syamsudin Syamsudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X