Pengembangan Kewirausahaan Desa Sidoharjo Tepus Gunung Kidul Melalui Pemberdayaan Ukm Dalam Pariwisata Pantai Sadranan Gunung Kidul

Authors

  • Ayu Yanuar Danik R STISIP Kartika Bangsa
  • Masruri Masruri STISIP Kartika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.30588/jep.v6i2.1394

Keywords:

Kewirausahaan, Pemberdayaan, Ekonomi Kreatif.

Abstract

Penelitian mengenai Pengembangan kewirausahaan desa Sidohardjo melalui Pemberdayaan UKM dalam Pariwisata Pantai sadranan ini untuk melihat Kewirausahaan yang dilaksanakan masyarakat desa Sidoharjo. Bagaimana pemerintah desa mengarahkan kegiatan perorangan atau kelompok membangun kegiatan yang menghasilkan. Apakah kegiatan yang ada dikembangkan secara mandiri ataupun bermitra dengan pihak lain. Seberapa besar kegiatan usaha yang ada ini telah memberikan pendapatan pada pemerintah desa ataupun pelaku usaha itu sendiri. Untuk meningkatkan kewirausahaan para pelaku usaha perlu lebih lagi digiatkan pengetahuan tentang ekonomi kreatif yang akan menumbuhkan jiwa wirausaha (entrepreneurship) yang beretika, memperkuat akses permodalan dan pemasaran produk, membangun image kawasan wisata dan budaya serta meningkatkan kesejahteraan anggota UKM. Dalam keterbatasan teknologi ditingkatkan kebersamaan usaha dalam menghadapi tantangan dan hambatan yang terjadi. Pemberdayaan dilakukan melaui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pada produk yang dihasilkan. Melalui pemberdayaan yang dilakukan tersebut diharapkan akan meningkatkan ciri tertentu atau ke khasan yang memberi kesan mendalam pada produk-produk asli daerah dan akan meningkatkan ekonomi daerah itu sendiri. Penelitian ini akan menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data terkait dengan kewirausahaan, dan pemberdayaan, dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam pada aparat desa, dan para pelaku bisnis dan dokumentasi dari buku-buku, catatan maupun dokumen terkait. Analisis data dilakukan dengan metode triangulasi untuk mendapatkan keabsahan datanya.

References

Departemeni Perdagangan Republik Indonesia, 2018, Bagan Model Sinergitas Stakeholders Ekonomi Kreatif Sub-Sektor Kerajinan

Osborne David. Gaebler Ted, 2014, Mewirausahakan Birokrasi, PPPM Jakarta

Kementrian Pariwisata; Rapat koordinasi Nasional Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan Dalam Rangka Pencapaian Target 12 juta wisman dan 260 juta Wisnu 2016

Moleong Lexy.L,2010, Metode penelitian Kaulitatif, Rosdakarya, Bandung

Retas vol 1, 2016, Kebangkitan Ekonomi Kreatif Berpotensi Menjadi Tulang Paunggung Perekonomian Indonesia

Sulistyani, AT, 2004, Kemitraan dan Model-model pemberdayaan, Gava Media yogyakarta

UU No.9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil

Keputusan Presiden RI No.99 Tahun 1998 tentang Bidang/Usaha yang dicadangkan Untuk Usaha Kecil Dan Bidang/Jenis Usaha Yang Terbuka Untuk Usaha Menengah Atau Usaha Besar Dengan Syarat Kemitraan Inpres no 6 Tahun 2009 Tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif.

Downloads

Published

2022-12-25