Pengelolaan Arsip Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di SMK Negeri 2 Yogyakarta

Authors

  • Rosita Kemaswati Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
  • Faizal Aco Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30588/jep.v6i2.1392

Keywords:

Pengelolaan, Arsip, Mutu Layanan.

Abstract

Pengelolaan arsip merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah sekolah. Jika arsip yang dimiliki oleh sebuah sekolah kurang baik pengelolaannya, maka akan mengakibatkan sulitnya menemukan informasi yang telah disimpan dan pada akhirnya dapat menghambat tahapan proses pekerjaan selanjutnya. Arsip sangat berpengaruh pada seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan disegala bidang yang terdapat dalam sebuah sekolah. Arsip juga merupakan pusat ingatan dari sebuah sekolah, dengan arsip dapat diketahui bermacam-macam informasi yang sudah dimiliki sekolah tersebut sehingga dapat ditentukan sasaran yang akan dicapai dengan menggunakan potensi yang ada secara maksimal.

Metode pengumpulan data berupa suatu pernyataan tentang sifat, keadaan, kegiatan tertentu dan sejenisnya. Pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan penelitian. Berikut ini adalah metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan arsip sebagai upaya meningkatkan mutu layanan administrasi di SMK Negeri 2 Yogyakarta adalah dengan melakukan berbagai hal yang merupakan aspekaspek dari pengelolaan administrasi sebagai wujud layanan, menerapkan SOP pengelolaan berkas dan SOP pelayanan, monitoring pada staff administrasi, bersikap sopan santun dan tepat waktu, dan bersikap peduli.

References

Agung, K. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

Alwasillah, A. C. (2002). Alwasilah, A. Chaedar. Pokoknya kualitatif: Dasardasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Dewi, I. C. (2011). Pengantar Ilmu Administrasi. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Dwiyanto, A. (2015). Manajemen Pelayan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Gie, T. L. (2007). Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Liberty.

Hengki, Z., Jarto, T., & Budiyono. (2007). Efektivitas Pengelolaan Arsip Pada Kantor Arsip Daerah (ARDA) Propinsi Bengkulu (Universitas Bengkulu). Universitas Bengkulu. Retrieved from http://repository.unib.ac.id/6299/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Lupiyadi, R. (2004). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Salemba Empat.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Martasubrata, N., & Suwatno. (2016). Mutu layanan akademik sebagai determinan kepuasan mahasiswa (Academic service quality as determinant of student satisfaction). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1),

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 103.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif (Cet. Ke-30.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhidin, S. A., & Winata, H. (2016). Manajemen Kearsipan: untuk organisasi publik, politik, dan kemasyarakatan. Bandung: Pustaka Setia.

Yansen, Aco Faizal. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Puskesmas Depok II Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal 330-341.

Downloads

Published

2022-12-25