Pengelolaan Arsip Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di SMK Negeri 2 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.30588/jep.v6i2.1392Keywords:
Pengelolaan, Arsip, Mutu Layanan.Abstract
Pengelolaan arsip merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah sekolah. Jika arsip yang dimiliki oleh sebuah sekolah kurang baik pengelolaannya, maka akan mengakibatkan sulitnya menemukan informasi yang telah disimpan dan pada akhirnya dapat menghambat tahapan proses pekerjaan selanjutnya. Arsip sangat berpengaruh pada seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan disegala bidang yang terdapat dalam sebuah sekolah. Arsip juga merupakan pusat ingatan dari sebuah sekolah, dengan arsip dapat diketahui bermacam-macam informasi yang sudah dimiliki sekolah tersebut sehingga dapat ditentukan sasaran yang akan dicapai dengan menggunakan potensi yang ada secara maksimal.
Metode pengumpulan data berupa suatu pernyataan tentang sifat, keadaan, kegiatan tertentu dan sejenisnya. Pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan penelitian. Berikut ini adalah metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan arsip sebagai upaya meningkatkan mutu layanan administrasi di SMK Negeri 2 Yogyakarta adalah dengan melakukan berbagai hal yang merupakan aspekaspek dari pengelolaan administrasi sebagai wujud layanan, menerapkan SOP pengelolaan berkas dan SOP pelayanan, monitoring pada staff administrasi, bersikap sopan santun dan tepat waktu, dan bersikap peduli.References
Agung, K. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.
Alwasillah, A. C. (2002). Alwasilah, A. Chaedar. Pokoknya kualitatif: Dasardasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.
Dewi, I. C. (2011). Pengantar Ilmu Administrasi. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Dwiyanto, A. (2015). Manajemen Pelayan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.
Gie, T. L. (2007). Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Liberty.
Hengki, Z., Jarto, T., & Budiyono. (2007). Efektivitas Pengelolaan Arsip Pada Kantor Arsip Daerah (ARDA) Propinsi Bengkulu (Universitas Bengkulu). Universitas Bengkulu. Retrieved from http://repository.unib.ac.id/6299/
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.
Lupiyadi, R. (2004). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Salemba Empat.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Martasubrata, N., & Suwatno. (2016). Mutu layanan akademik sebagai determinan kepuasan mahasiswa (Academic service quality as determinant of student satisfaction). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1),
Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 103.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif (Cet. Ke-30.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhidin, S. A., & Winata, H. (2016). Manajemen Kearsipan: untuk organisasi publik, politik, dan kemasyarakatan. Bandung: Pustaka Setia.
Yansen, Aco Faizal. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Puskesmas Depok II Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal 330-341.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, dan Administrasi Publik. Jurnal ini terbuka untuk umum dan siap saja boleh mengakses jurnal tersebut.
Authors retain copyright and grant the Jurnal Enersia Publika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Jurnal Enersia Publika.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Enersia Publika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).