Analisis Kualitas Pelayanan Publik Unit Layanan Terpadu (ULT) Satu Pintu Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Di DIY
DOI:
https://doi.org/10.30588/jep.v6i2.1390Keywords:
Analisis Kualitas, Pelayanan Publik, Unit Layanan Terpadu.Abstract
Unit Layanan Terpadu (ULT) satu pintu Kemendikbud RI di DIY merupakan lembaga yang dibentuk untuk memberikan layanan kepada pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayan serta masyarakat yang ingin mendapatkan informasi, menyampaikan aspirasi atau pengaduan, dan pengurusan perijinan, serta jenis layanan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan di Unit Layanan Terpadu Satu Pintu Kemendikbud RI di DIY.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsitif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas pelayanan di ULT Satu Pintu Kemendikburistek di DIY dilihat dari dimensi: a) bukti fisik (tangible), b) kehandalan (reliability), c) daya tanggap (responsiveness), d) jaminan (assurance), dan e) empati (emphaty) masing-masing sudah sangat baik.
References
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan (2008) Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.
Gujarati, Damodar. (2003). Ekonometrika Dasar. Terjemah Sumarno. Zein. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller (2009). Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks.
Nasution (2005). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia
Payne, Adrian (2000), Pemasaran Jasa, The Essence of Service Maerketing, Andi Yogyakarta
Putra, Dhion Gama, Ratih Nur Pratiwi dan Trisnawati. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 12, pp. 2118-2122
Rangkuti, Freddy. ((2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama
Sianipar. (2012). Manajemen Pelayanan Masyarakat, (Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia). Diperoleh tanggal 1 Juni 2020 dari http://elfriza.blogspot.com/2014/09/pengertian-pelayananpublik-menurut.html
Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy (2009). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, cetakan ke tujuh. Yogyakarta: Andi Offset
Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra (2011) Service Quality & Satisfaction Edisi Ke 3. Yogyakarta: Andi.
Denhardt, V Janet dan Robert B. Denhardt. (2003). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York, M.E Sharpe, Armonk.
Keban, Yeremias T. (2004) Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep Teori dan Isu. Jakarta: Gava Media.
Pasolong, Harbani. (2008). Penerapan The New Public Service (NPS) dan New Public Management (NPM), Makassar.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Undang-Undang tentang pelayanan publik Nomor 25 Tahun 2009 dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003
Undang-Undang nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, dan Administrasi Publik. Jurnal ini terbuka untuk umum dan siap saja boleh mengakses jurnal tersebut.
Authors retain copyright and grant the Jurnal Enersia Publika right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Jurnal Enersia Publika.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Enersia Publika. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).