Analisis Kualitas Pelayanan Publik Unit Layanan Terpadu (ULT) Satu Pintu Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Di DIY

Authors

  • Dede Haryanto Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
  • Bening Hadilinatih Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30588/jep.v6i2.1390

Keywords:

Analisis Kualitas, Pelayanan Publik, Unit Layanan Terpadu.

Abstract

Unit Layanan Terpadu (ULT) satu pintu Kemendikbud RI di DIY merupakan lembaga yang dibentuk untuk memberikan layanan kepada pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayan serta masyarakat yang ingin mendapatkan informasi, menyampaikan aspirasi atau pengaduan, dan pengurusan perijinan, serta jenis layanan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan di Unit Layanan Terpadu Satu Pintu Kemendikbud RI di DIY.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsitif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas pelayanan di ULT Satu Pintu Kemendikburistek di DIY dilihat dari dimensi: a) bukti fisik (tangible), b) kehandalan (reliability), c) daya tanggap (responsiveness), d) jaminan (assurance), dan e) empati (emphaty) masing-masing sudah sangat baik.

References

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan (2008) Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.

Gujarati, Damodar. (2003). Ekonometrika Dasar. Terjemah Sumarno. Zein. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller (2009). Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks.

Nasution (2005). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia

Payne, Adrian (2000), Pemasaran Jasa, The Essence of Service Maerketing, Andi Yogyakarta

Putra, Dhion Gama, Ratih Nur Pratiwi dan Trisnawati. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 12, pp. 2118-2122

Rangkuti, Freddy. ((2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama

Sianipar. (2012). Manajemen Pelayanan Masyarakat, (Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia). Diperoleh tanggal 1 Juni 2020 dari http://elfriza.blogspot.com/2014/09/pengertian-pelayananpublik-menurut.html

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy (2009). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, cetakan ke tujuh. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra (2011) Service Quality & Satisfaction Edisi Ke 3. Yogyakarta: Andi.

Denhardt, V Janet dan Robert B. Denhardt. (2003). The New Public Service: Serving, Not Steering. New York, M.E Sharpe, Armonk.

Keban, Yeremias T. (2004) Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep Teori dan Isu. Jakarta: Gava Media.

Pasolong, Harbani. (2008). Penerapan The New Public Service (NPS) dan New Public Management (NPM), Makassar.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Undang-Undang tentang pelayanan publik Nomor 25 Tahun 2009 dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003

Undang-Undang nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Downloads

Published

2022-12-25