Peran Pemerintah Desa dalam Penanggulangan Wabah Corona Virus Desease 19

Ana Triana(1*), Nurhadi Nurhadi(2),

(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Wabah Covid-19 menjadi permasalahan yang serius di Indonesia. Berkembangnya kasus Covid-19 di Indonesia sejak bulan maret 2020 membuat dampak yang besar dari segala aspek kehidupan. Pemerintah melakukan strategi penanggulangan Covid-19 melalui berbagai peraturan perundang-undangan yang dibuat khusus sebagai wujud sikap tanggap serta langkah-langkah yang praktis dan efisien dalam menghadapi Covid-19. Peraturan itu mencakup berbagai pihak salah satunya yaitu Pemerintah Desa. Desa yang memiliki banyak keterbatasan terhadap berbagai fasilitas terutama kesehatan memiliki tantangan tersendiri. Hal itu yang melatarbelakangi penulis untuk mengamati peran Pemerintah Desa dalam penanggulangan Covid-19 ini utamanya dalam hal pencegahan, penanganan, pendukung dan pembinaan.

 Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif. Metode ini melihat suatu masalah secara lebih mendalam berdasarkan studi referensi dan juga pengamatan secara langsung. Utamanya dalam metode ini dilakukan secara aktual dengan terjun langsung ke lokasi untuk melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dan diolah berdasarkan referensi lalu kemudian disimpulkan.

 Berdasarkan penelitian yang dilakukan, secara garis besar peran penanggulangan Covid-19 dibagi menjadi 4 indikator yaitu pecegahan, penanganan, pendukung, dan pembinaan. Pencegahan meliputi sosialisasi Covid-19, pendataan warga dan yang keluar masuk desa, pembatasan kerumunan, penyemprotan desinfektan, penyiapan tempat cuci tangan dan alat kesehatan, serta informasi kontak darurat sudah sangat baik. Sementara untuk penanganan yang meliputi kerjasama dengan tenaga medis, penyediaan ruang isolasi, pemantauan ODP dan PDP, penghimbauan warga isolasi mandiri setelah bepergian, dan penyiapan logistik bagi warga yang isolasi mandiri juga sudah tertib dilakukan. Selanjutnya untuk pendukung yang meliputi pelaksanaan vaksin dan bantuan sosial sudah berlangsung baik dan untuk program Padat Karya kurang bisa berjalan. Terakhir untuk pendukung berupa pembentukan dan pembinaan gugus tugas masih kurang sementara untuk koordinasi sudah berjalan baik.


Keywords


Covid-19; Pencegahan; Penanganan; Pendukung; Pembinaan.

Full Text:

PDF

References


Asrori. 2014. Kapasitas Perangkat Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Kabupaten Kudus. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri.

Cahyono, Edi., et al. 2020. Pedoman Bagi Kecamatan Dalam Mendukung Pencegahan Dan Pengendalian Pandemi Covid-19 Dan Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru. Jakarta: Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri untuk Dukungan Gugus Tugas Covid-19.

Cahyono, Edi., et al. 2020. Pedoman Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 Di RT/RW/Desa. Jakarta: Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri untuk Dukungan Gugus Tugas Covid-19.

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi: UI-Press.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nasution. 2003. Metode Research. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Neuman, W. L. (2003). Social Research Methods, Qualitative and Quantitative Approaches. Fifth Edition. Boston: Pearson Education.

Noor Widayati, Faizal Aco (2019, Desember). Pemanfaatan Dana Desa (DD) Di Desa Argomulyo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Jurnal Enersia Publika, Hal 156-175.

Safriza ZA. et al. 2020. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19bagi Pemerintah Daerah. Jakarta: Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri untuk Dukungan Gugus Tugas Covid-19.

Sarwono, Sarlito W & Meinarno, Eko A. 2015. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Soekanto, Soejono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafiie, inu kencana. 2011. Sistem Pemerintahan Indonesia Edisi Revisi. Bandung: CV. Mandar Maju.

Ulber, Silalahi. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

PERATURAN PEMERINTAH DAN PERATURAN MENTERI:

Pramono, Adhi Surya. 2020. Peran Pemerintah Desa Kebonan Dalam Mencegah Penyebaran Virus Covid-19 (Studi Kasus di Desa Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali). Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setiawan, Gigih Arifani dan Ria Angina. 2020. Upaya Pemerintah Desa Bedadung Dalam Menanggulangi Penyebaran Covid-19 Di Desa.

Bedadung Kabupaten Jember. Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Jember.

Suwitra, I Made Gian Nanda. 2020. Pemeberdayaan Desa Adat Dalam Penanganan Covid-19 Di Desa Adat Melinggih Kaja Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar Provinsi Bali. Skripsi. Program Studi Pemberdayaan Masyarakat.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Peraturan Presiden No 14 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 Tentang Pengadaan Vaksin Dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Peraturan Presiden No 104 tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022.

Keputusan Presiden RI No. 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Keputusan Presiden RI No. 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Darurat Kesehatan Masyarakat Covid-19.

Keputusan Presiden RI Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Covid-19 Sebagai Bencana Nasional.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2021.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/4638/2021 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Desa Tanggap Covid 19 Dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.




DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v6i1.1091

Article Metrics

Abstract view : 324 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ana Triana, Nurhadi Nurhadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X