Implementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 10 Yogyakarta

Nanang Eko Sapto Nugroho(1*), Bening Hadilinatih(2),

(1) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(2) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Program Adiwiyata adalah salah satu bentuk kebijakan publik yang ditetapkan pemerintah untuk menciptakan pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Keberhasilan kebijakan publik baik dampak maupun tujuannya dipengaruhi oleh implementasi kebijakan tersebut. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi program Adiwiyata di SMA Negeri 10 Yogyakarta serta faktor-faktor yang memengaruhi dalam mengimplementasikan program adiwiyata.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu tim adiwiyata SMA Negeri 10 Yogyakarta serta pendidik dan peserta didik dengan objek penelitian meliputi implementasi program adiwiyata SMA Negeri 10 Yogyakarta. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi dengan analisis diskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program adiwiyata di SMA Negeri 10 Yogyakarta sudah bagus. Walaupun masih ada beberapa kendala yang muncul seperti belum terpenuhinya sarana dan prasarana yang memadahi dikarenakan minimnya anggaran dana. Beberapa faktor yang turut berkontribusi dalam pengembangan program ini adalah (1) komunikasi, (2) sumberdaya manusia sebagai pelaksana utama dari program ini, dan sarana prasarana menentukan keberhasilan program adiwiyata ini, (3) kepahaman dan kemampuan kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa serta komite sekolah sangatlah berperan penting dalam kesuksesan program ini, (4) struktur organisasi sebagai motor utama penggerak program adiwiyata di SMA Negeri 10 Yogyakarta mencakup kesemua elemen.

Keywords


Implementasi; Kebijakan; Program Adiwiyata

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, Solochin. 2008. Analisis Kebijakan dari Formula ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: PT Bumi Aksara

Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. CV. Alfabeta, Bandung.

J. Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Kadorodasih, Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata Di SD N Giwangan Yogyakarta. Jurnal Hinata Widya Vol.6, No. 4, tahun 2017.

Kania Sitisyarah dan Ramadhanita Mustika, Penerapan Program Adiwiyata di SMP Negeri 13 Palembang. Jurnal Manajemen, Kepemimppinan dan Supervisi Pendidikan Vol 2, No. 1 Januari 2017, hlm. 145.

Kementrian Negara Lingkungan Hidup, Panduan Adiwiyata (Wujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan), hlm. 1. Kerjasama Kementrian Lingkungan Hidup dan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Panduan Adiwiyata, (Kementrian Lingkungan Hidup dan Pendidikan. 2012), hlm. 5.

Miles, M.B & Huberman A.M. 1984, Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Muhaimin dan Sutiah, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Prenada Media Group., 2009), hlm. 23.

Nurul Zuriah, Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Setiawan. (2010) Penanggulangan Pencemaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjoko dkk, Pendidikan Lingkungan Hidup, (Tanggerang selatan: Universitas Terbuka, 2015), hlm 1.13.

UIN Raden Fatah, Buku Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skrpsi Program Sarjana, (Palembang: Grafika atelind, 2016), Hlm. 15.

Widodo, Joko.2010. Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia.

William N. Dunn, Public Policy Analysis: An Introduction (New Jersey: Prentice Hal, inc., 1994), p7 Terjemahan ISIPOL (Yogyakarta: Gajak Mada University Press: 2003) hlm.98

Winarno, Budi, 2005. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Presindo.

Undang-Undang RI, No. 32 tahun 2009, Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.




DOI: https://doi.org/10.30588/jep.v6i1.1087

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nanang Eko Sapto Nugroho, Bening Hadilinatih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Enersia Publika ini sudah di Indeks oleh:

   

 

Jurnal Enersia Publika, Energi, Sosial dan Kebijakan Publik: Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Organized by Administrasi Publik Department, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

Published by Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, Indonesia

ISSN 2579-924X