Analisis Tingkat Kualitas Postur Pengemudi Becak Menggunakan Metode RULA dan REBA

Fikrihadi Kurnia, Mohammad Sobirin

Abstract


Gangguan kesehatan akibat melakukan suatu pekerjaan merupakan hal yang akan selalu dialami. Kurangnya pemahaman tentang cara yang baik didalam berinteraksi antara manusia dengan lingkungan kerja, menjadi factor utama dari munculnnya resiko tersebut. Salah satu pekerjaan yang umum dikerjakan dan memiliki probabilitas resiko buruk yang tinggi adalah pengemudi becak kayuh. Berat becak yang cukup besar berkontribusi didalam besarnya tenaga yang dikeluarkan oleh pengemudinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk postur tubuh pengemudi becak kayuh menggunakan metode RULA dan REBA. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode RULA dan REBA. RULA (Rapid Upper Limb Assessment) adalah metode yang bertujuan untuk melakukan perhitungan dan analisis terhadap tubuh manusia bagian atas. REBA (Rapid Entire Body Assessment) adalah metode yang bertujuan untuk melakukan perhitungan dan analisis terhadap seluruh bagian tubuh manusia. Luaran dari kedua metode ini adalah tingkatan keputusan yang menunjukkan urgensi tindakan yang dibutuhkan. Pada hasil perhitungan menggunakan metode RULA dan REBA pada penelitian ini, menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada bobot keputusan. Kesimpulan akhir adalah dilakukan perbaikan dan evaluasi segera pada bobot postur tubuh tinggi. Evaluasi dan perbaikan disarankan dilakukan terhadap rancangan becak dikarenakan, postur pengemudi dipengaruhi oleh bentuk rancangan becak itu sendiri. Diharapakan dari hasil penelitian ini, dapat dijadikan sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan pengemudi becak dan terhindar dari resiko buruk yang diakibatkan.


Keywords


Postur; Pengemudi; Becak Kayuh; RULA; REBA

Full Text:

PDF

References


Istighfaniar, K., Mulyono. (2016). Evaluasi Postur Kerja dan Keluhan Muskoloskeletal pada Pekerja Instalasi Farmasi. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health; 5(1), pp. 81–90.

McAtamney, L., Corlett, E.N. (1993). RULA: a survey method for the investigation of work-related upper limb disorders. Applied Ergonomics, 24, pp. 91-99.

McAtamney, L., Corlett, E.N. (2004). Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Book Chapter. Handbook of Human Factors and Ergonomics Methods, Chapter 7, Boca Raton, FL, pp. 7:1 - 7:11.

Middlesworth, M. (2019). A Step-by-Step Guide to the REBA Assessment Tool. Link: https://ergo-plus.com/reba-assessment-tool-guide/

Mukaromah, E., Suroto, Widjasena, B. (2017). Analisis Faktor Risiko Gangguan Muskuloskeletal pada Pengayuh Becak (Studi Kasus di Pasar Pagi Kabupaten Pemalang). Jurnal Kesehatan Masyarakat; 5(1), pp. 341-349.

Nur, R.F., Lestari, E.R., Mustaniroh, S.A. (2016). Analisis Postur Kerja pada Stasiun Pemanenan Tebu dengan Metode OWAS dan REBA, Studi Kasus di PG Kebon Agung, Malang. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri; 5(1), pp. 39-45.

Prayitno, S., Hanum, B. (2018). Analisa Postur Kerja Dengan Metode Rula Pada Operator Proses Masking FR Dan RR D30D Di PT SC Plant 2. Jurnal PASTI; 12(1), pp. 79 – 92.

Setiorini, A., Musyarofah, S., Mushidah, Widjasena, B. (2019). Analisis Postur Kerja Dengan Metode Reba dan Gambaran Keluhan Subjektif Musculoskeletal Disorders (MSDs) (Pada Pekerja Sentra Industri Tas Kendal Tahun 2017). Jurnal Kesehatan; Edisi Khusus (1), pp. 24-32.

Sulaiman, F., Sari, Y.P. (2016). Analisis Postur Kerja Pekerja Proses Pengesahan Batu Akik Dengan Menggunakan Metode REBA. Jurnal Teknovasi; 03 (1), pp. 16-25.

Wahyuniardi, R., Reyhanandar, D.M. (2018). Penilaian Postur Operator Dan Perbaikan Sistem Kerja Dengan Metode Rula Dan Reba (Studi Kasus). J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri; 13(1), pp. 45-50.




DOI: http://dx.doi.org/10.30588/jeemm.v4i1.708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fikrihadi Kurnia, Mohammad Sobirin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material has been indexed by:
              
 
 
Free counters!
 
Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material  
Office: Soekarno Building, 2nd Floor, Jl. Proklamasi No. 1, Babarsari, Yogyakarta (55281)
Email: jurnal.engine@up45.ac.id; jeemm.up45@gmail.com
ISSN (online): 2579-7433