ANALISIS EMISI GAS BUANG MESIN DIESEL TIPE COMMON RAIL DENGAN VARIASI BAHAN BAKAR B0 DAN BIO DIESEL B40

Authors

  • Radhian Krisnaputra Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Ilham Ayu Putri Pratiwi Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Yosephus Ardean Kurnianto Prayitno Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Isworo Djati Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Sindhu Arya Nugraha Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30588/jeemm.v9i2.2460

Abstract

Kebutuhan akan sumber energi yang ramah lingkungan mendorong pengembangan bahan bakar alternatif berbasis biomassa, salah satunya biodiesel. Pemerintah Indonesia telah mentargetkan penerapan campuran biodiesel hingga B40 sebagai bagian dari strategi transisi energi nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan bahan bakar campuran biodiesel 40% (B40) terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada mesin diesel tipe common Rail Direct Injection(CRDI) dibandingkan bahan bakar solar murni (B0). Pengujian dilakukan menggunakan variasi putaran mesin 800, 1500, dan 2000 rpm, dengan pengukuran parameter Fuel Consumption Ratio (FCR), dan emisi gas buang (CO, CO₂, NOx, dan O₂). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan B40 menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar sebesar 5–10% akibat nilai kalor yang lebih rendah, namun daya keluaran mesin tetap setara dengan B0 karena sistem injeksi common rail mampu melakukan kompensasi tekanan secara adaptif. Dari aspek emisi, B40 menghasilkan penurunan emisi CO hingga 30% dan penurunan NOx sebesar 15–20%, disertai dengan sedikit peningkatan CO₂ akibat pembakaran yang lebih sempurna. Kandungan oksigen residu (O₂) pada gas buang B40 sedikit lebih rendah dibandingkan B0, menandakan pemanfaatan oksigen biodiesel yang lebih efisien dalam proses pembakaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mesin diesel tipe common rail mampu beroperasi secara stabil menggunakan bahan bakar B40 tanpa modifikasi sistem, sekaligus menghasilkan profil emisi yang lebih bersih dan efisiensi pembakaran yang baik.

 

References

A. Y. Noor et al., “Characterization of biodiesel properties and its impact on diesel engines,” Fuel, vol. 348, p. 128523, 2023.

Kementerian ESDM, Laporan Energi Bersih Nasional, 2024.

H. H. Chew et al., “Comprehensive review on emission trade-offs in biodiesel blends,” Renew. Energy, vol. 205, pp. 452–468, 2024.

S. Wirawan et al., “Biodiesel implementation in Indonesia: Experiences and lessons,” Renew. Sust. Energy Rev., vol. 189, 114273, 2024.

USDA FAS, Indonesia Biofuels Annual 2024.

S. Balamurugan, “Influence of biodiesel–diesel blends on NOx emission,” Energy Conv. Manage., vol. 266, p. 116084, 2022.

S. Thakur et al., “Optimizing injection pressure for biodiesel combustion in common rail engines,” Processes, vol. 12, p. 864, 2024.

J. Meng et al., “Waste cooking oil biodiesel/diesel blends in a CRDI engine,” Fuel Processing Tech., vol. 252, p. 107500, 2023.

A. Sethin et al., “Effects of B40 biodiesel on CRDI engine emission with EGR,” Energies, vol. 17, no. 3, p. 1123, 2024.

P. S. Chowdhury et al., “Fuel economy and emission comparison of diesel and biodiesel blends,” Energy Reports, vol. 9, pp. 1864–1876, 2023.

M. Selvam et al., “Combustion and emission characteristics of biodiesel blends (B30–B40),” Sci. Rep., vol. 15, 1224, 2025.

A. Sethin et al., “Effects of B40 biodiesel on CRDI engine emission with EGR,” Energies, vol. 17, no. 3, p. 1123, 2024.

B. K. M. Mahgoub et al., “Effect of nano-biodiesel blends on CI engine performance and emissions,” Heliyon, vol. 9, e13827, 2023.

J. Meng et al., “Waste cooking oil biodiesel/diesel blends in a CRDI engine,” Fuel Processing Tech., vol. 252, p. 107500, 2023.

P. S. Chowdhury et al., “Fuel economy and emission comparison of diesel and biodiesel blends,” Energy Reports, vol. 9, pp. 1864–1876, 2023.

C. Wang et al., “Effect of oxygenated fuel on NOx emission characteristics,” Fuel Processing Tech., vol. 238, 107478, 2023.

R. Ghazali et al., “Impact of engine speed on combustion and emission of biodiesel fuels,” Energy Procedia, vol. 207, pp. 1193–1202, 2022.

H. H. Chew et al., “Comprehensive review on emission trade-offs in biodiesel blends,” Renew. Energy, vol. 205, pp. 452–468, 2024.

Downloads

Published

2025-12-13

How to Cite

Radhian Krisnaputra, Ilham Ayu Putri Pratiwi, Yosephus Ardean Kurnianto Prayitno, Isworo Djati, & Sindhu Arya Nugraha. (2025). ANALISIS EMISI GAS BUANG MESIN DIESEL TIPE COMMON RAIL DENGAN VARIASI BAHAN BAKAR B0 DAN BIO DIESEL B40. Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, Dan Material, 9(2), 287–296. https://doi.org/10.30588/jeemm.v9i2.2460

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)