Pengembangan Lapangan “Y” Menggunakan Simulasi Reservoir

Lia yunita

Abstract


Lapangan “Y” ditemukan melalui sumur pengeboran eksplorasi PMS 01 yang dibor pada 18 April 1980 dan diselesaikan pada 31 Juli 1980.Hal ini menyebabkan timbulnya pemikiran bagaimana strategi untuk mengembangkan lapangan guna meningkatkan recovery factor.Dalam menyelesaikan permasalahan ini dilakukan simulasi reservoir. Simulator yang digunakan adalah CMG-GEM yang dibuat oleh   Computer Modelling Group Ltd., Calgary, Canada. Simulator tersebut adalah simulator jenis komposisional.

Langkah awal dalam tahap simulasi adalah pengumpulan, persiapan, dan pengolahan data. Pengumpulan data meliputi data geologi, batuan, fluida, ekuilibrium  dan data produksi. Proses inisialisasi merupakan tahapan setelah pemasukkan data yaitu proses pengkondisian model supaya selaras dengan kondisi awal reservoir yaitu dengan menyelaraskan OGIP hasil perhitungan simulator dengan perhitungan volumetrik. Proses inisialisasi menghasilkan harga OGIP simulasi sebesar 23.03 Bscf dan untuk perhitungan volumetrik adalah 23.07 Bcsf, hal ini menunjukan perbedaan kurang dari 1 %. Perbedaan yang sangat kecil tersebut memperlihatkan bahwa hasil simulasi sudah sangat memadai. Validasi data juga dilakukan dengan proses history matching (penyelarasan). Proses penyelarasan data produksi (laju produksi terhadap waktu dan kumulatif produksi terhadap waktu) dan tekanan menghasilkan kurva yang selaras.

Peramalan perilaku produksi reservoir dilakukan dengan membuat beberapa skenario produksi. Ada usulan tiga skenario, yaitu Skenario A, reservoir diproduksikan oleh satu sumur PMS 01 dengan membuka perforasi pada zona 12 dan zona 15 (base case), Skenario B, reservoir diproduksikan oleh PMS 01 dengan membuka perforasi pada zona 12, zona 15 dan zona 16. Skenario C, reservoir diproduksikan oleh dua sumur yaitu sumur PMS 01 (zona 12, zona 15 dan zona16) dan sumur PMS 03 (zona 12, zona 15 dan zona 16). Berdasarkan skenario yang dilakukan diperoleh kumulatif produksi terbesar pada skenario C sebesar 16.2 Bscf atau dengan recovery factor sebesar  70.22 %.

Kata kunci : OGIP, Recovery Factor, Perforasi


Full Text:

PDF


Free counters!